AMBON, Siwalimanews – Setelah video salah seorang pemuda yang diduga anggota Polsek Wakate, menjadikan Bendera Merah Putih sebagai keset kaki viral di media sosial, maka Kapolda Maluku Irjen lotharia Latif meresponnya dengan meminta Kapolres SBT untuk mengusutnya hingga tuntas.

Pada video viral penyalahgunaan Bendera Merah Putih yang diduga terjadi di depan rumah dinas Sub Sektor Kesui, Polres Seram Bagian Timur, terlihat seorang pemuda dengan menggunakan kaos olahraga polisi sebelum masuk ke dalam rumah membersihkan kakinya pada Bendera Merah Putih, yang dijadikan sebagai keset kaki di depan pintu.

“Saya sudah perintahkan Kapolres SBT untuk mengusutnya sampai tuntas. Jika terbukti benar, tentu akan diberikan sanksi tegas sesuai hukum yang berlaku,” tegas Kapolda, melalui Kabid Huma Polda Maluku Kombes M Roem Ohoirat kepada wartawan di Mapolda Maluku, Selasa (13/9).

Kapolda mengaku, sangat menyangkan kejadian itu terjadi, apalagi di depan rumah dinas Sub Sektor Kesui, yang jaraknya kurang lebih 12 jam perjalanan dari Kota Bula, Kabupaten SBT.

“Saya sangat menyayangkan kejadian tersebut. Makanya saya perintahkan untuk usut motifnya dan siapa pelakunya,” tegas Kapolda.

Baca Juga: DPC Demokrat Berbagi dengan Warga Kota

Untuk mengungkap motif dan pelakunya Kapolda mengaku, telah memerintahkan untuk melakukan pemeriksaan kepada semua pihak, termasuk meminta keterangan dari orang yang mengambil video tersebut.

“Siapapun yang melakukan hal itu, akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” janji Kapolda. (S-10)