NAMLEA, Siwalimanews – KPU Buru menggelar rapat pleno penetapan 25 anggota DPRD terpilih periode 2024-2029, hasil Pileg pada 14 Februari kemarin.

Rapat pleno penetapan anggota DPRD yang salah satunya adalah Bella Sofhie Rigan Nasution itu digelar di ruang paripurna utama DPRD Buru, yang dipimpin Ketua KPU Buru Walid Azis, Kamis ((2/5).

Walid Asiz dalam pleno itu menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang dapat menjaga ketenangan dan ketentraman, sehingga pemilu  dapat terlaksana dengan baik.

“Kabupaten Buru dan beberapa daerah lebih awal menetapkan partai perolehan suara terbanyak dan para caleg  terpilih, karena hasil  pileg DPRD Buru dapat diterima oleh parpol dan tidak ada yang memasalahkan hasilnya sampai ke tingkat MK,” ucap Walid.

Dihadapan parpol yang hadir, Walid dan ketua divisi hukum, Faisal Amin Mamulaty menitip pesan agar ke-25 caleg terpilih segera memasukan LHKPN sebelum mereka dilantik nantinya.

Baca Juga: Penjabat Gubernur Diminta Perbaiki Hubungan Kemitraan

“Bila ada diantara caleg yang tidak memasukan LHKPN sampai saat pelantikan, maka bisa saja mereka tidak ikut dilantik bersamaan,” ucap Faisal.

Untuk diketahui Bella Shofie diinternal Partai Nasdem merupakan peraih suara tertinggi, sehingga jatah satu kursi partai tersebut dari Dapil I otomatis diwakili olehnya.

Suara dari istri Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Buru ini melambung jauh mengalahkan rekan-rekannya separtai, Robi Nurlatu yang juga incambent di DPRD Buru.

Partai  Nasdem sendiri ditetapkan sebagai pemenang kedua dan berhasil meraih empat kursi . Dua kursi diperoleh di dapil I, atas nama Muh Moktar Ternate dan Irna Buton dan satu kursi lagi dari dapil III atas nama Sunardi Idris.

Sementara Partai Golkar yang selama pileg berturut-turut merajai dan diperiode lalu dengan delapan kursi , turun jauh hanya menyisahkan tiga kursi, dari dapil I tersisa Jaidun Saanun, dapil II masih bertahan Muh Rum Soplestuny dan dapil III ada Amrullah Madani Hentihu.

PPP yang di pileg lalu bertengger sebagai pemenang kedua dengan perolehan tiga kursi, kini naik menjadi lima kursi dan keluar sebagai parpol peraih suara tertinggi. Dimana dari dapil I PPP menempatkan satu wajah baru Hartini Wamnebo dan incambent Bambang Lang Lang Buana.

Sedangkan dari dapil II, ada Muid Wael dan Barokah, serta dapil III menempatkan Hamid Banda. Untuk PKB dan PKS  masing-masing  maraih tiga kursi. PKB, ada Endang Sulistianingsih, Muhammad Syukur Awan dan Djalil Mukaddar.

Sedangkan dari PKS, ada dr Isra Duwila, Zainal Muhammad Ali, dan Irfan Papalia. Kemudian PDIP dengan dua kursi dimana ada Andriono Latbual dan Net Leslesy. Demokrat juga meraih dua kursi atas nama Erwin Tanaya dan Mihel Batuwael. Sedangkan PAN mendapat satu kursi atas nama Ibrahim Latun dan Perindo juga satu kursi atas nama Yohanes Nurlatu.(S-15)