Musda XI BPD HIPMI Maluku akan berlangsung bulan November mendatang. Calon Ketua Umum Body Mailuhu dan Azis Tunny saling klaim menang dalam perhelatan tersebut nantinya.

Kepada wartawan, Didin Mahu selaku Ketua Tim Pemenangan Body Mailuhu mengatakan, kendati saat melakukan pengembalian surat dan dokumen pencalonan caketum BPD HIPMI Maluku periode 2021-2024, hanya dengan dua rekomendasi dari BPC yakni BPC MBD dan Bursel namun optimis akan menang dalam perhelatan tersebut.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada dua BPC yang telah memberikan rekomendasi dan hari ini kita mengembalikan berkas dan dua menggunakan dua rekomendasi tersebut sebagai prasyarat tetapi kita optimis dan kita berani maju karena ini modalnya tidak sedikit. Hari ini kita siap maju karena kita tahu kita menang. Saya berharap kita tetap tenang karena kita harus yakin, kita tetap unggul,” tandas Mahu, kepada wartawan, usai melakukan pengembalian surat dan dokumen pencalonan caketum BPD HIPMI Maluku periode 2021-2024 kepada SC Musda di Sekretariat Panitia Musda XI BPD HIPMI Maluku di Swiss Belhotel, Senin (18/10).

Sementara itu, Caketum Body Mailuhu yang juga Wakil Ketua Bidang Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Koperasi dan UKM BPD HIPMI Maluku menegaskan komitmennya untuk mencalonkan dirinya sebagai Ketua Umum BPD HIPMI Maluku periode 2021-2024.

“Sekali bicara tetap dijalankan dan itu yang harus katong jalankan, sebagai seorang pengusaha sekali bilang A itu tetap A dan B itu tetap B, tidak bisa A ke B. Kita datang hari ini dengan memakakai kaos berwarana hitam dan putih, itu menunjukan komitmen kita bahwa putih tetap putih atau hitam tetap hitam tidak ada abu-abu,” tandasnya.

Baca Juga: Walikota Klaim tak Ada Intervensi di Seleksi Sekot

Mailuhu menyatakan siap bertarung di HIPMI Maluku untuk melanjutkan kepemimpinan Jaqueline Margareth Sahetapy.

“Ada dua rekomendasi yang kita bawah sebagai prasyarat dukungan pengembalian berkas kepada panitia nanti selnajutnya kita akan lihat dilapangam. Sejauh ini kami sudah membangun komunikasi karena prosesnya masih panjang karena ada agenda penyampaian visi misi, temu senior dan waktu Musda juga masih tentatif,” katanya.

Sebelumnya CEO Body’s Barbershop itu mengaku keinginannya untuk meneruskan tongkat estafet dari tangan Jaqueline Margareth Sahetapy. Sebab di tangan JMS sapaan akrab Jaqueline, HIPMI terbang tinggi sehingga saya ingin melanjutkan kerja-kerja tersebut.

“Kerja-kerja baik sudah dilakukan ibu JMS dan ditangan beliau HIPMI terbang tinggai sehingga saya ingin  melanjutkan kerja-kerja beliau,” akuinya.

Pembina BPC HIPMI Bursel, Basry Mony yang turut mengamankan rekomendasi dari BPC HIPMI Bursel mengatakan, selama ini yang bisa memba­ngun komunikasi dan memba­ngun hubungan antara BPD dan BPC luar biasa sehingga BPC HIPMI Bursel telah berkomitmen untuk memberikan rekomendasi kepada Body untuk bertarung.

“Body adalah figur yang dibutuhkan dalam memimpin HIPMI Maluku kedepan,” katanya.

Ditempat yang sama Ketua Pemenangan Azis Tunny, Yeremia Padang mengatakan, Azis Tunny maju dengan lima rekomendasi dari BPC, dan dengan diberikan mandat dan tanggung jawab sebagai Ketua Tim Pemenangan maka dirinya siap untuk berdarah-darah memperjuangan Azis sebagai Ketum.

“Ini kota Ambon dan ini rumah saya sehingga saya akan memperjuangan Azis Tunny untuk menang karena saya punya komitmen dan saya akan pegang komitmen itu. Jadi apapun yang terjadi saya akan berdarah-darah untuk memenangkan Azis Tunny,” tandasnya, kepada wartawan usai melakukan pengembalian surat dan dokumen pencalonan caketum BPD HIPMI Maluku periode 2021-2024 kepada SC Musda di Sekretariat Panitia Musda XI BPD HIPMI Maluku di Swiss Belhotel, Senin (18/10)..

Menurutnya, Azis Tunny layak untuk memimpin BPD HIPMI Maluku  dan dengan tagline Kolaborasi dan Sinergi itu yang Yeremia mengaku suka.

“Saya suka dengan tagline tersebut dan saya yakin Azis bisa menang dan saya akan memperjuangkan dia sebagai Ketum HIPMI Maluku,” cetusnya.

Azis Tunny mengaku, dirinya memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Umum BPD HIPMI Maluku saat enjury time selain karena keinginan untuk mengabdi lebih jauh sebagai ketua organisasi yang turut membesarkan dirinya, juga dorongan dari teman-teman dari BPC HIPMI di Maluku sehingga dirinya memutuskan untuk maju mengikuti perhelatan ketum BPD HIPMI Maluku masa bhakti 2021-2024.

“Sebenarnya secara kontekstual, kita baru punya 10 BPC 1 baru akan dibentuk dan kalau dibentuk juga belum bisa hadir sebagai peserta Musda yakni BPC KKT, kemudian dari 10 ini ada 3 yang sementara proses untuk mengeluarkan rekomendasi karena ada dua yang belum menyelenggarakan Muscab yakni Buru dan MBD dan SBT masih menunggu tapi dua sudah berkomuniasi yakni Malteng dan Bursel hanya berkesempatan untuk memberikan karena waktunya yang terbatas namun secara faktual saya sudah mendapatkan dukungan mayoritas 8 BPC yang memberikan dukungan baik secara tertulis maupun secara lisan,” jelasnya.

Azis yang memiliki basic jurnalis ini tetap optimis namun tetap pula berikhtiar karena proses ini ibarat proses politik.

“Kita tetap ada dalam bingkai persaudaraan persahabatan tetapi saya juga tetap berikhriar untuk membangun kordinasi dan komunikasi sebagai caketum dengan BPC sebagai pemilik suara karena kita punya waktu satu bulan kedepan, semoga komitmen ini tetap terjaga dan kalau ini tetap terjaga maka saya optimis bisa mendapatkan legitimasi penuh dukungan dari mayoritas pemilik suara,” tandasnya.

Ketua Umum BPD HIPMI Maluku, Jaqueline Margareth Sahetapy mengatakan, penyampaian surat dan dokumen pencalonan caketum BPD HIPMI Maluku periode 2021-2024 oleh Body Mailuhu dan Azis Tunny sebagai Caketum. secara pribadi dirinya menyampaikan terima kasih karena telah ada bersama-sama dengan HIPMI periodesasi empat tahun kepemimpinannya.

“Setelah ini SC akan melakukan verifikasi maupun penetapan caketum BPD HIPMI Maluku periode 2021-2024, dan anntinya akan dilakukan asistensi di Jakarta. Musda sendiri akan berlangsung bulan November, tanggalnya masih tentantive karena disesuaikan dengan agenda BPP,” katanya.

Selaku Ketum BPD HIPMI Maluku periode 2017-2020, JMS sapaan akrabnya menyampaikan terima kasih bagi kedua caketum dan inilah kader terbaik HIPMI Maluku

“Jadi sebagai ketum HIPMI, saya mengharapkan bisa bertanding dengan mengggunakan semangat motyo kita persaudaraan persahabatan dan bertanging untuk bersanding. Saya berhimbau kepada OC dan SC supaya menjaga Musda kita ini supaya berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

JMS juga meminta agar HIPMI Maluku bisa menjadi garda terdepan dalam pembangunan investasi di Maluku.

“Saya selalu bicara tentang bagaimana Maluku di mata masyarakat Indonesia, kita lihat sekarang investasi banyak masuk ke Maluku dan HIPMI tentunya menjadi garda terdepan daripada pengusaha yang ada di Maluku karena investasi yang masuk di Maluku wajib melibat­kan pengusaha lokal dan HIPMI harus jadi garda terdepan sehi­-ngga saya berharap melalui Musda ini, dapat mempersiapkan diri kita sebagai pengusaha yang ada di Maluku untuk bisa mene­rima investasi yang akan masuk di Maluku,” pintanya.  (S-16)