AMBON, Siwalimanews – Guna menguji kinerja serta kemampuan Komandan dan Staf dalam menjalankan teknik, prosedur dan tata kerja yang berlaku untuk melaksanakan kesiapsiagaan  tanggap darurat bencana alam, Korem 151/Binaiya menggelar “latihan Penanggu­langan Bencana Alam (Latgulbencal), yang berlangsung di Balai Prajurit Kodim 1506/Namlea, Senin (18/10).

Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal) diselenggarakan Korem 151/Binaiya dengan pelaksana Kodim 1506/Namlea dibuka secara langsung oleh Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P Ritiauw.

Mengawali arahannya, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P. Ritiauw mengatakan, latihan yang akan dilaksanakan nanti, bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat dan semua pelaku simulasi penanggulangan bencana, apa yang seharusnya dilakukan bila sewaktu-waktu terjadi Bencana Alam.

“Kita tidak tahu kapan  musibah itu datang, namun kalau Itupun terjadi, maka kita sudah mengerti namanya cara mengantisipasi,” ujarnya.

Ritiauw berharap, kepada para peserta latihan agar bersungguh-sungguh dalam melaksanakan lati­han sehingga mampu melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: November, Sekolah Tatap Muka Dilakukan

Tak lupa kepada para pelatih be­liau menekankan, agar diberikan koreksi jika dalam pelaksanaan ma­sih terdapat langkah-langkah atau tindakan dari pelaku yang belum sesuai dengan mekanisme atau ke­tentuan yang seharusnya dilakukan.

“Sebelum mengakhiri arahan, saya  berpesan agar latihan yang dilak­sanakan bukan hanya semata-mata untuk menjalankan program latihan, melainkan ada manfaat dan berhasil guna bagi kita dan instansi lainnya yang turut terlibat, serta tentunya mas­yarakat setempat, dan selalu jaga kesehatan, utamakan keselamatan da­lam melaksanakan latihan serta laksanakan  latihan dengan penuh rasa tanggungjawab,” pesan Dan­rem. (S-32)