AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi VI DPR RI, Hendrik Lewerissa meminta pemerintah daerah memfasilitasi peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Maluku.

Hal ini diungkapkan HL sapaan ak­rab Lewerissa saat membuka ke­giatan sosialisasi peraturan/kebija­kan bagi usaha mikro yang berlang­sung di Hotel Manise, Senin (26/2).

HL menjelaskan sosialisasi terkait keberadaan UMKM terus dilakukan pihaknya bersama Kementerian terkait di Maluku, dengan tujuan agar masyarakat dapat mengetahui ke­mudahan dalam mengembangkan UMKM.

Apalagi, ditengah situasi ketidak­pas­tian yang saat ini dihadapi bangsa sebagai akibat dari elnino telah berdampak bagi kebutuhan dalam negeri, dengan kenaikan harga beras dan komoditas lain.

“Negara sebenarnya menaruh harapan besar bagi sektor usaha mikro sebab mampu menyerap tenaga kerja kurang lebih 97 persen, dengan kontribusi PDB mencapai 64-65 persen,” beber HL

Baca Juga: Setelah Ambon, Aru Gagal PSU

Hadirnya UU Cipta Kerja lanjut HL, merupakan salah satu bentuk perhatian serius dari pemerintah kepada pelaku UMKM, sebab begitu banyak kemudahan yang diberikan termasuk insentif bagi UMKM.

Bahkan, pemerintah daerah wajib menyiapkan anggaran bagi kegiatan pemberdayaan UMKM seperti promosi dan juga fasilitas agar UMKM terus bertumbuh.

“Kita ingatkan pemerintah daerah untuk wajib menyiapkan anggaran bagi pemberdayaan UMKM termasuk oleh otoritas pelabuhan, dan bandara yang wajib menyiapkan lahan untuk UMKM,” tegasnya.

HL menegaskan pelaku UMKM dapat meminta pemerintah daerah dan pihak otoritas bandara dan pelabuhan, untuk menyiapkan fasilitas untuk mempromosikan semua produk UMKM sebab merupakan perintah UU. (S-20)