AMBON, Siwalimanews – Massa demonstran yang terga­bung dalam aliansi masyarakat pemerhati penyelenggara Pemilu di Provinsi Maluku, Senin (26/2) menyerbut Kantor KPU Maluku, di Jalan Sultan Hassanudin, Tantui Ambon.

Para pendemo ini medesak KPU Maluku memperhatikan nasib dan kesejahteraan para anggota KPPS dan PPK khususnya yang ada di Provinsi Maluku.

“Saya mewakil rekan-rekan yang hadir pada siang ini meminta, pihak KPU baik pusat maupun daerah untuk dapat memperhatikan nasib para anggota KPPS dan PPK khu­susnya yang ada di wilayah Maluku,” pinta Isye Muryani dan Ona Leu­nupun selaku orator aksi.

Menurut para orator, anggota KPPS maupun PPK merupakan pahlawan demokrasi, yang punya peran peting sehingga layak untuk diperhatikan.

“Kami rela tinggalkan anak dan keluarga kami berhari-hari untuk kepentingan bangsa dan negara, kami luangkan segenap tenaga dan waktu kami dengan ikhlas agar proses pemilu dapat berjalan dengan aman dan lancar di wilayah Maluku yang kita cinta,” katanya.

Baca Juga: Petugas Pengawas Ribut Saat Pleno di PPK Sirimau

Para orator ini berharap, agar nasib mereka dapat diperhatikan oleh KPU Maluku maupun KPU RI.

“Kami mau sampaikan, kami rela tinggalkan semuanya agar proses pemilu di setiap TPS berjalan dengan baik dan lancar. Meski sakit para anggota KPPS dan PPK di setiap wilayah di Ma­luku, tetap siap untuk bekerja dan bahkan ada yang sampai meni­nggal dunia saat menjalankan tugasnya,” ungkapnya.

Komisioner KPU Maluku, Engel­bertus Dumatubun yang menerima mereka mengaku tuntutan masa aksi akan ditindaklanjuti kepada KPU RI.

“Ini akan menjadi masukan juga bagi kami dan kami akan menin­daklanjuti apa yang menjadi harapan bapak dan Ibu semua ke KPU pusat, dan kami sangat ber­harap apa yang bapak dan Ibu sampaikan dapat tercapai. Terak­hir dari kami ucapan terima kasih juga karena aksi bapak dan ibu semua siang ini dalam damai oleh­nya itu kami sampaikan selamat kembali ke rumah masing-masing dengan tertib juga dan sampai dengan selamat,” harapnya.

Beri Santunan

Bentuk kepedulian pihak kepolisian terhadap penyelenggara pemilu dalam hal ini KPPS dan PPS di Kota Ambon, Kepolisian Resort Kota Ambon mengunjungi anggota PPS yang sakit maupun keluarga anggota KPPS yang meninggal dunia pasca pemilu 2024.

Tedapat dua kunjungan sekaligus, pemberian bantuan kepada anggota PPS dan KPPS.

Kunjungan pertama tim mendatangi Charles Jan De Fretes (64) anggota PPS yang dirawat ruangan Pavilium Jasica RS. Sumber Hidup Ambon.

Selanjutnya tim beranjak ke kawasan Airkuning RT.001 RW. 021 Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Ambon, mengunjungi keluarga dari Ichwan Ruhulessin (50) Anggota KPPS TPS 164 PPS/Desa Batumerah yang meninggal pada 20 Februari 2024 pasca pemilu.

Dalam kunjungan tersebut tim memberikan tali asih kepada istri dari almarhum Suhaini Sahabudin Rumalesin.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dukungan moril dan materil bagi keluarga dan penyelenggara pemilu yang merupakan pahlawan demokrasi dalam mensukseskan pemilu 2024 di Kota Ambon,” ujar Kasi Humas Polresta Ambon, Ipda Jane Luhukay kepada wartawan Senin (26/2). (S-20/S-10)