AMBON, Siwalimanews – Anggota DPR RI derah pemilihan Malu­ku, Hendrik Lewerissa mengajak seluruh kader pemuda GPM mendu­kung penuh eksistensi Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AM­GPM).

Ajakan ini disampai­kan HL, panggilan akrab Hendrik Lewe­rissa saat menjadi pem­bicara dalam ke­giatan  publik speaking dan etika pemuda Kristen, bekerjasama dengan AMGPM Cabang Ebenhae­zer, Sabtu (5/3).

Sebagai organisasi sayap GPM kata Lewerissa, AMG­PM merupakan organisasi yang memiliki potensi besar untuk melahirkan potensi kepemimpinan di Maluku. Artinya dengan kondisi daerah saat ini, maka angkatan muda harus mengambil peran penting.

“AMGPM ini memiliki kultur berorganisasi yang berbeda, maka semua potensi pemuda gereja harus bergabung. Saya sangat menyesal­kan sekali kalau tidak bergabung dengan organisasi,” ujar Lewerissa.

Kata HL, sejak negara Indonesia berdiri, banyak tokoh asal Maluku yang turut menentukan masa depan bangsa, karena itu pemuda gereja saat ini harus mengambil peran untuk melanjutkan perjuangan yang dilakukan para pendahulu.

Baca Juga: Waspada Hujan Lebat  Ancam Wilayah Maluku

Namun, sejak orde baru hingga reformasi ini, lanjut HL, tidak terlalu banyak muncul dalam pusaran kekuasaan eksekutif pusat, sehingga kedepan harus ada generasi penerus yang berkiprah di pusat, khususnya dari Maluku.

“Untuk berkiprah di jajaran eksekutif pusat, maka pemuda harus memiliki kemampuan secara teknis yang harus melebihi pemuda di daerah lain, serta memiliki atitude dan perilaku yang baik, sebab jika tidak, maka pemuda Maluku akan kalah dalam persaingan dengan daerah lain,” ujar HL. (S-20)