BULA, Siwalimanews – Tim Penggerak PKK Seram Bagian Timur memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51. kegiatan yang dipusatkan di Gedung PKK SBT, Selasa (19/12),  mengusung tema Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Mewujudkan Indonesia Tumbuh.

Ketua TP PKK pusat Ny Tri Tito Karnavian dalam sambutannya yang dibacakan Ketua TP PKK SBT Misa Keliobas mengatakan, peringatan hari Kesatuan Gerakan PKK ke-51 diharapkan bukan egiatan rutin tahunan saja, namun menjadi semangat baru atau energi baru pada setiap langkah dan gerakan PKK.

“Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati HKG PKK kemeriahan dalam memperingati HKG PKK ke-51 haruslah selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya gerakan PKK. Semangat yang menggelora itu senantiasa harus menjadi energi untuk bergerak bersama dalam mencurahkan memupuk kebersamaan dan keterpaduan kader guna meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” ujar Ny Karnavian.

Atas dasar itulah kata Ny Karnavian, maka tema HKG PKK tahun ini adalah Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh yang mengandung makna sangat mendasar pada era ini, yakni kebersamaan dan keterpaduan yang harus dicurahkan sebesar- besarnya untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Baca Juga: PT Pelni Siap Layani Mudik Gratis

“Tidaklah berlebihan bila mana tema sentral ini menjadi pilihan kita, karena TP PKK sebagai mitra kerja pemda haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif. Pola pendekatan pemberdayaan masyarakat keluarga yang tumbuh pada  penggerakan paran peserta masyarakat harus menjadi ciri khas TP PKK dalam berbagai aspek pembangunan,” pungkasnya.

Bupati SBT Mukti Keliobas dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Setda SBT M Safri Rumain menambahkan, banyak hal tentu yang telah dilakukan TP PKK selama 51 tahun.

Dinamika perjalanan ini menyertai karena dapat menjadi bahan pembelajaran, bahwa upaya memperdayakan keluarga dan masyarakat dengan pendekatan cipta raka dan karca yakni dengan hati niat yang tulus.

“Saya ingatkan HKG pada hari ini hendak dijadikan sebagai momen untuk menunjukkan, bahwa TP PKK dengan segala program kerja dan kegiatan yang dinamis memberikan manfaat yang optimal pada masyarakat,” ujar bupati.

Wujud dari kegiatan yang nyata tersebut kata bupati, merupakan salah satu upaya untuk membuktikan, bahwa PKK mampu mempercepat kesejahteraan sosial keluarga melalui pembinaan sehingga hasil dan sotril secara rutin dilakukan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“HKG PKK ini juga harus mampu kita gunakan sebagai media untuk mengawasi diri secara kelembagaan, dan melakukan evaluasi dalam program TP PKK serta harus bisa mengikuti perkembangan zaman dengan segala teknologi yang ada,” ucap bupati.

Untuk itu, melalui peringatan HKG PKK tahun ini, bupati mengingatkan agar gerakan PKK kembali pada urusannya, yakni sebagai gerakan masyarakat untuk memperdayakan keluarga, artinya keluarga lah yang harus jadi fokus, keluarga yang harus diberdayakan.

Pasalnya, keluarga merupakan bunis terkecil, dimana sebagai tempat pembelajaran pertama bagi putra dan putri pemimpin bangsa kelak.

“Kami mengharapkan, segenap jajaran TP PKK secara berjenjang di semua tingkat untuk dapat saling bahu-membahu dengan segenap komponen masyarakat menjadikan Kabupaten SBT makin berani,” tandas bupati.

Menurut bupati, TP PKK harus mampu menunjukkan kemampuan dan potensi diri untuk dapat memberikan sumbangsi pikiran, dan tenaga membangun SBT, dimana peran TP PKK dalam mewujudkan ketahanan pangan, kesehatan, dan juga kesejahteraan keluarga.

Setiap program PKK, harus dijalankan sehingga dapat mewujudkan cita- cita bersama yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga dengan peringatan HKG PKK ke- 51 tahun ini, TP PKK  semakin solid demi kesejahteraan masyarakat di SBT,” pungkas Bupati.(S-27)