Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Seram Bagian Timur,  Ilham Hen­drawi, meminta kesadaran bagi setiap masyarakat di daerah ini agar dapat membuang sampah pada tempat yang sudah tersedia di Kota Bula.

Hendrawi mengaku,  sangat menyedihkan melihat tidak ada keperduliannya masyarakat di daerah ini terhadap persoalan keberhasilan lingkungan yang ada di Bumi Ita Wotu Nusa.

“Apa susahnya, kita membantu saudara-saudara  yang berstatus petugas pengangkutan sampah dengan membuang dan menem­patkan sampah pada bak- bak sampah yang sudah di buat,” tulis Ilham Hendrawi di akun facebook, Rabu (5/4).

Hendrawi mengaku,  mereka seolah sengaja membuli menyiksa petugas sampah dengan melem­parkan dan membiarkan sampah berserakan di beberapa jalan di Kota Bula itu sendiri.

Petugas sampah ini juga manusia yang bekerja juga menafkahi anak, istri dan anggota keluarga mereka. Tak peduli hujan panas, siang malam, mereka terus bekerja meng­angkut sampah yang kita produksi hingga sampai saat ini.

Baca Juga: Pemkab SBT Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2023

“Kami dari Dinas Lingkungan Hidup sudah bersosialisasi, me­lakukan pendekatan, meminta kesadaran masyarakat agar kiranya dapat melemparkan sampahnya masuk kedalam bak- bak sampah yang sudah disiapkan,” ungkap Hendrawi.

Dikatakan, semua kembali kepada moral dan rasa kemanusiaan dari pribadi masing- masing orang.

“Mari katong tenggang rasa sedikit, mereka tak minta dikasihani atau dihormati, mereka cuma berharap bisa bekerja secara maksimal. Dan kita hanya perlu beretika dan menunjukan bahwa kita bermoral. Untuk itu, mari membuang sampai dengan memasukan kedalam bak- bak  sampah yang sudah tersedia,” pintanya. (Mg-1)