DALAM rangka memperingati Hari Desa Asri Nusantara, 20 Maret 2023, Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya menggelar kegiatan Gerakan Penanaman Pohon Serentak di Desa seluruh Indonesia yang dipusatkan pada lokasi sumber air minum PDAM Tirta Kalwedo, Senin (20/3).

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua DPRD Petrus.A.Tunay, Wakapolres MBD, Djesi  Batara, Pasiter Kodim 1511 P. Moa, Kapten Inf. Rudi Totomutu, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten MBD Obed.H.Y.Kuara, Pimpinanan OPD Lingkup Pemda MBD, Camat Pulau Moa, M.Naslewan, Pdt Ino Salakay.

Dalam sambutannya Wakil Bupati MBD, Agustinus L. Kilikily menyampaikan apresiasi terhadap gerakan yang diinisiasi oleh Kementerian Desa, Daerah Terpencil dan Transmigrasi.

Kata dia, hutan berperan sebagai penyangga kehidupan. Hutan menyediakan hasil hutan berupa kayu,hasil hutan bukan kayu (HHBK),kebutuhan pangan,ketersediaan air, sumber energi dan jasa lingkungan lainnya termasuk penghasil oksigen,rekreasi dan konservasi keanekaragaman hayati. Kondisi saat ini banyak terjadi pengru­sakan hutan, sehingga menyebabkan terbatasnya ketersediaan air, pencemaran bahkan berakibat pada banjir dan longsor ketika terjadi hujan besar.

“Saya mengajak semua pihak untuk bersungguh-sungguh menghentikan penyebab kerusa­kan hutan akibat pene­bangan liar dan pembakaran hutan. Hara­pan­nya agar segera berusaha memperbaiki kerusakan hutan dan lingkungan yang telah rusak dan kritis,” ucap Wakil Bupati.

Baca Juga: Tak Kunjung Bayar Insentif Nakes, Dewan Kecam Nazaruddin

Sumber daya hutan dan lingkungan hidup, kata dia, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan ekonomi, sosial dan budaya. Rusaknya sumber daya hutan dan lingkungan akan sangat berpengaruh, baik langsung maupun tidak langsung terhadap keberlanjutan kehidupan.

“Tujuan dari gerakan dalam pe­ringatan Hari Desa Asri Nusantara adalah meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap perubahan iklim, mewujudkan desa asri yang bersih, hijau dan jauh dari pence­ma­ran lingkungan serta mengu­rangi resiko bencana desa,” ujarnya.

Wakil Bupati meminta agar me­lalui gerakan penanaman pohon se­rentak saat ini, dapat dilaksa­nakan secara menyeluruh di Desa-desa se-Kab. MBD dengan sung­guh-sungguh. Seluruh komponen masyarakat agar berpartisipasi secara aktif. “Masyarakat diminta­kan dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian hutan dan lingkungan hidup sehingga dapat mewujud­kan hutan dan lingkungan alam yang baik dan lestari,” pinta Wakil Bupati.

Menutup sambutannya, Wakil Bu­pati sampaikan atas nama Pemkab MBD, menyambut baik dan mengapresiasikan atas dise­le­nggarakannya Gerakan Penana­man Pohon Serentak di Desa Se­luruh Indonesia khususnya di Kabupaten MBD dan diharapkan mampu membe­rikan motivasi dan pemahaman terhadap kelestarian hutan dan lingkungan khususnya di tingkat desa.(S-08)