AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kabupaten Seram Bagian Barat, M Hatta Hehanussa mengaku, prihatin dengan kondisi infrastruktur di wilayah pegunungan Hukuanakecil.

Keprihatinan ini diperparah dengan beredarnya video ibu hamil yang hendak melahirkan, namun harus melakukan perjalanan yang cukup jauh ke puskesmas Elpaputi beberapa waktu lalu.

“Dengan viralnya ibu yang mau bersalin dan digendong dari Hukuanakecil hingga Elpaputi dan pada akhirnya dirawat di RS Elpaputi hari ini terus dipertontonkan lagi, kondisi ini didepan publik dan didepan Pemprov Maluku maupun Pemkab Seram Bagian Barat,” ungkap Hehanussa.

Kondisi ini kata Hehanusa, sangat miris ketika usia negara dan provinsi ini mencapai 76 tahun, tetapi kondisi masyarakat masih terisolasi terus dibiarkan, tanpa ada sedikitpun keberpihakan pemerintah terhadap masyarakat di pegunungan.

Kondisi yang terjadi merupakan tanggung jawab Pemkab Seram Bagian Barat yang harus  dituntaskan, karena masyarakat yang ada di pegunungan Hukuanakecil dan disekitarnya, sudah waktunya mendapat perlakuan yang seadil-adilnya.

Baca Juga: KPU Gelar Sosialisasi Partisipasi Masyarakat di Pemilu 2024

“Mereka  harus diperhatikan dalam hal pembangunan khususnya akses jalan, artinya isolasi-isolasi ini harus dibuka, kalau tidak, akan terjadi hal serupa juga dan kita akan terus melihat masyarakat yang sakit digendong,” ucapnya.

Hehanussa pun mendorong Pemerintah Provinsi Maluku agar kedepan ada keberpihakan untuk membuka akses jalan, minimal dapat dilewati dengan mobil walaupun belum diaspal.

Selain itu dalam agenda reses nanti, ia berjanji akan membawa Dinas PUPR Maluku untuk melihat secara langsung, persoalan yang ada untuk dicarikan solusi. (S-50)