CLOSE AD

Harga Bawang Merangkak Naik

AMBON, Siwalimanews – Masyarakat Kota Ambon dibuat resah, lantaran harga bawang baik bawang merah maupun bawang putih tiba-tiba merangkak naik. Jika sebe­lumnya harga bawang merah di pasaran  Rp 40 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 50 ribu per kilogram atau terjadi kenaikan Rp 10 ribu.

Sementara harga bawang putih naik Rp 15 ribu dari sebelumnya Rp 40 ribu per kilogram naik menjadi Rp 55 ribu. Menurut Mina, salah se­orang pedagang di Pasar Mardika Am­bon, kenaikan harga bawang merah dan bawang putih sejak merebaknya wabah Covid-19.

“Sejak informasi Covid-19 itu, harga bawang ini sudah mulai naik. Kenaikan sudah terjadi di tingkat  distributor, sehingga kami pedagang kecil juga ikut menaikan harga. Kalau tidak naikan harga, lalu kami mau dapat apa, namanya juga bisnis,” katanya kepada Siwalima Jumat (27/3).

Mina mengaku, permintaan masyarakat yang tinggi selama merebaknya Covid-19 ini, memicu naiknya harga komuditi yang sangat penting tersebut. Kenaikan harga bawang juga terjadi pada cabe rawit, dimana sebelumnya per kilogram Rp 5.000-10.000, kini naik menjadi  Rp 25.000 per kilogramnya.

Salma, pedagang cabe rawit me­ngaku, dua pekan ini, pasokan cabe rawit dari daerah produksi, seperti Seram dan Namlea mulai berkurang, sementara permintaan pasar tinggi. Hal itu yang memicu melonjakknya harga cabe rawit.

Kendati demikian, Salma menga­ku, harga cabe rawit sekarang ini masih dijangkau, lantaran beberapa waktu lalu harga sempat mencekik leher menembus Rp 100 ribu per kilogram.

Nyonya Adonia, ibu rumah tangga yang diminta keterangannya terkait kenaikan harga bawang dan cabe rawit mengaku resah, lantaran dua komuditi tersebut sebelumnya harga stabil bahkan harga cabe rawit menurun drastis.

“Saat ini saja harga-harga sudah mulai naik, bagaimana kalau mema­suki bulan Ramadhan, pasti lebih mahal lagi. Kami minta pemerintah mem­perhatikan harga pasar, karena terka­dang kondisi Covid-19 ini juga dipergunakan para spekulen menai­kan harga barang dan komuditi,” katanya.

Jafar salah satu pedagang yang ber­jualan di Pasar Mardika mengaku untuk stok bawang merah dan ba­wang putih saat ini memang sudah ber­ku­rang sehingga menyebabkan harga naik. “Harga bawang juga  saat ini ber­gerak naik, tetapi tidak semua pe­da­gang menaikan harga bawang di­ka­renakan masih ada sisa stok yang la­ma, sehingga masih menjual dengan harga yang lama,”ungkap Jafar. (Mg-5)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *