AMBON, Siwalimanews – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa yang juga Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar, mendengar keluhan masyarakat terkait dengan kondisi Maluku saat ini.

Gus Imin sapaan akrab Muhaimin Iskandar ini, mendengar secara langsung keluhan komponen masyarakat diantara pimpinan lembaga keagamaaan, pimpinan lembaga pendidikan tinggi serta mahasiswa secara virtual yang dikemas dalam kegiatan road show politik kesejahteraan, Rabu (25/8).

Kepada Gus Imin, sejumlah komponen masyarakat menyoroti terkait dengan lambannya penetapan RUU Kepulauan yang belum dibahas DPR RI, masalah ketidakadilan yang diberikan oleh negara dari aspek perimbangan keuangan pusat dan daerah.

Tak hanya itu, masalah kemisikinan di Maluku yang sampai saat ini masih menjadi persoalan besar, termasuk masalah pendidikan ikut disampaikan kepada Gus Imin dalam kapasitas sebagai Wakil Ketua DPR RI.

Terhadap keluhan masyarakat, Gus Imin berjanji, akan menindaklanjuti semua keluhan yang disampaikan masyarakat Maluku kepada presiden.

Baca Juga: DPRD Buton Selatan Studi Banding ke Ambon

Menurutnya, persoalan RUU Kepulauan merupakan hal penting bagi masyarakat Maluku, mengingat keberadaan Maluku yang memiliki luas wilayah laut lebih besar jika dibandingkan dengan darat.

“Terkait dengan RUU Kepulauan, saya akan menindaklanjutinya baik kepada Presiden maupun fraksi-fraksi, agar segera diproses secepatnya,” janji Gus Imin.

Pemerintah pusat, kata Gus Imin juga perlu menjadikan agama sebagai prioritas guna menunjang peran pemerintah dalam memajukan bangsa. Selain itu, masalah alokasi anggaran pendidikan juga menjadi sorotan Gus Imin.

Pasalnya, untuk memajukan bangsa ini, maka sektor pendidikan harus diutamakan oleh negara. Karena itu, Gus Imin meminta semua pihak untuk tetap memberikan sumbangsih pikiran dan gagasan bagi pengembangan Maluku kedepan.

“Maluku perlu ada gagasan. Oleh karena itu, kita harus diskusi lanjut berkaitan dengan persoalan yang ada di Maluku,” tandasnya. (S-50)