AMBON, Siwalimanews – Guna menumbuhkan kecintaan kepada bangsa dan tanah kelahirannya Negeri Hulaliu, maka organisasi Haturessy Rakanyawa Salatiga (HRS), bekerja sama dengan SMPN 2 Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, menggelar talkshow, yang berlangsung di sekolah tersebut, Senin (7/6) kemarin.

Kepala SMPN 2 Pulau Haruku Ny H Laisina dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews menyebutkan, talkshow dengan tema character building ini digelar dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2021 dan hari lingkungan hidup 5 Juni 2021.

Kegiatan ini digagas HRS yang merupakan anak-anak Negeri Hulaliu yang sementara studi di Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah ini sangat diapresiasi.

”Terima kasih banyak kami sampaikan kepada tim HRS Salatiga yang mana karena cinta akan Negeri Hulaliu, merasa memiliki dan bertanggung jawab dalam masa depan anak-anak Negeri Hulaliu, ingin berbagi dengan adik-adik mereka,“ ungkap Laisina.

Sementara itu Andris Noya mewakili Ketua HRS menambahkan, pihaknya merasa bangga bisa diterima dan diberikan ruang untuk menggelar talkshow ini.

Baca Juga: Pattiasina: PAW Wattimena Sesuai Aturan

”Intinya kami ingin berbagi dan memotivasi adik-adik di Negeri Hulaliu,” ucapnya.

Talkshow ini dipimpin oleh moderator Melva Noya dengan tiga pemateri, yakni Femri Tuwanakotta, yang membawakan materi  tentang bagaimana perjalanannya sebagai anak Negeri Hulaliu yang lahir bukan di Negeri Hulaliu, tetapi cinta akan Negeri Hulaliu.

Kemudian, Presli G Siahaya yang membawakan materi tentang perjalanannya sebagai anak Negeri Hulaliu yang lahir di Negeri Hulaliu dan menapak karir di beberapa Kota dan kembali ke Kota Ambon. Serta Andris Noya yang bercerita lebih spesifik kepada relasi anak dan orang tua.

Selain talkshow, juga dilakukan pencanangan kegiatan “Cinta Anak Negeri” ditandai dengan penandatanganan MoU oleh HRS Salatiga dan Kepala SMPN 2 Pulau Haruku.

Tim HRS juga setiap bulan melakukan pendampingan karakter building kepada anak-anak SMP ini dengan pendampingan hingga medio September 2021 dibidang hukum, psikologi, Ilmu Teknologi, theologi, dan kesehatan yang dilakukan setiap bulan.

Selain itu juga dilakukan penyerahan cendramata oleh kedua bela pihak dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan oleh tim HRS Salatiga. Tak hanya itu,  tim HRS sempat membersihkan kolam pemandian di Negeri Hulaliu,  dalam rangka hari lingkungan hidup.

”Inti dari kegiatan ini adalah mengingatkan anak Negeri Hulaliu untuk terus cinta dengan Negeri Hulaliu, sebab niat baik saja tidak cukup, tetapi harus juga dibaringi dengan berbuat baik,” ujar tim HRS. (S-16)