BULA, Siwalimanews – Kantor Agama Kabupaten Seram Bagian Timur bersama Badan Amil Zakat Nasional di kabupaten tersebut menggelar Festival Ramadhan, Jumat (22/3) malam.

Festival Ramadhan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Kementerian Agama di seluruh Indonesia itu berlangsung dibawah sorotan tema Ramadan Asik Bersama Gusmen Kolaborasi Sejuta Cinta.

Kepala Kantor Agama Kabupaten SBT Muhamad Jen Tepinalan dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu mengatakan, rahmat Ramadhan atau berkah Ramadhan, adalah waktu yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia, sebab ini adalah bulan penuh rahmat, ampunan, dan berkah.

“Semoga Ramadhan tahun ini juga membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kesempatan untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT melalui ibadah, introspeksi, dan amal kebajikan bagi kita semua,” harap Tepinalan.

Kepala Baznas SBT yang diwakili Ketua I Bidang Perkumpulan Baznas Abdul Rumbouw menambahkan, sedekah juga merupakan praktek memberikan sebagian dari harta (rezeki) seseorang kepada orang yang membutuhkan tanpa mengharapkan imbalan atau balasan materi.

Baca Juga: Besok, 13.413 Calon Sidi Baru GPM Ditahbiskan

“Tindakan sedekah tersebut sangat dianjurkan dalam agama Islam, sebagai bentuk Ibadah dan kebajikan serta bagaimana cara kita untuk membersihkan harta dan mendapatkan berkah dari Allah SWT,” ujarnya.

Selain itu menurutnya, sedekah juga dianggap sebagai cara untuk dapat membantu meringankan beban orang yang kurang beruntung dan memperkuat ikatan sosial dalam masyarakat.

“Oleh sebab itu, dengan adanya pembagian sembako ini sama sekali  jangan dilihat dari besar atau banyaknya barang, tetapi bagaimana caranya kita mensyukuri apa kita didapatkan hari ini,” tuturnya.

Ia mengaku, untuk festival Ramadhan tahun 2024 melalui Kementerian Agama, juga menyalurkan 150 paket sembako kepada masyarakat yang memang betul- betul sangat membutuhkannya.(S-27)