AMBON, Siwalimanews – Buntut pengangkatan dan pengusulan Hervie Rehatta sebagai Calon Raja Negeri Soya oleh mata rumah Rehatta dan Saniri Negeri Soya ke Pemerintah Kota Ambon, maka salah satu warga Soya yang juga anak dari mata rumah rumah Rehatta yakni Reno Rehatta,menggugat kepala mata rumah Rehatta dan Saniri Negeri Soya.

“Terhadap hal ini telah diperkarakan ke Pengadilan Negeri Ambon dengan nomor perkara 73/Pdt.g/Ph.Amb/2024, dengan tergugat 1 Ketua Mata Rumah dan tergugat 2 Saniri Negeri Soya,”ucap Reno kepada Siwalimanews di Ambon, Sabtu (23/3).

Menurutnya, gugatan ini diajukan akibat proses pengangkatan oleh calon raja oleh mata rumah dan pengusulan oleh saniri negeri, tidak sesuai mekanisme.

Untuk itu, terhadap persoalan Raja Negeri Soya ini, Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena diminta agar berlaku bijak, dengan mempertimbangkan proses hukum yang tengah ditempuhnya, baik pidana soal upaya menghilangkan asal usul oleh eks Raja Soya dan gugatan perbuatan melawan hukum di Pengadilan Negeri Ambon.

“Adanya laporan polisi atas dugaan penghilangan asal usul yang saya laporkan di Polda Maluku ini mesti jadi perhatian serius Pemkot Ambon serta Saniri Negeri Soya. Kita hargai proses hukum yang sedang berjalan,”pintanya.

Baca Juga: Diduga, Seorang Mahasiswi Dilecehkan Driver Maxim

Ia mengaku, melalui kuasa hukumnya telah melayangkan surat ke Pemerintah Kota Ambon Cq Bagian Hukum yang menegaskan agar seluruh tahapan terkait kepala pemerintahan negeri soya dipending hingga adanya putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap.(S-25)