AMBON, Siwalimanews – Kementerian Sosial memastikan bantuan sosial berupa makanan siap saji, tenda dan kasur, kini yang diperuntukan bagi para korban gempa di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya sudah dikirimkan.

Bahkan bantuan sosial yang dikirim langsung dari gudang Kementerian Sosial yang ada di Papua, kini sudah tiba di Maluku.

Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangan persnya yang dikutip Siwalimanews dari kanal youtubekemensos.ri, Sabtu (14/), mengaku setelah mendapat laporan terjadi bencana, pihaknya langsung berkoordinasi untuk melakukan penyaluran bantuan.

“Yang sudah kita kirim yakni, makanan siap saji sebanyak 4000 paket, makanan anak-anak 1000 paket, lauk pauk siap saji 3000 paket, bumbu nasi goreng  500 bungkus, kasur 200 lembar, tenda gulung 100 unit, tenda serba guna 2 unit, tenda keluarga 20 unit, selimut 1000 lembar, sandang bayi 500 paket, sandang dewasa 200 paket, serta kids ware 300 paket,” jelas Mensos, sambil menunjukan foto-foto bantuan yang telah tiba di Ambon dengan telepon selulernya.

Mensos mengaku, sehari pasca gempa, Kementerian Sosial langsung mengirim tim, bersama bantuan ke Maluku.

Baca Juga: Munculnya Pulau Baru di KKT, TNI AL Turunkan TIM Pushidrosal

“Kita sudah dapatkan data lapangan pasca gempa. Staf kita sudah disana. Kami punya foto kerusakan, tidak semasif Cianjur dan tidak separah Cianjur, sementara belum ada pengungsian,” ucap Mensos.

Mensos mengaku, akan terus memantau perkembangan pasca gempa di Maluku melalui stafnya di lapangan.

“Yang pasti bantuan sudah sampai ke gudang di Maluku,” ucap Mensos sambil menunjukan foto-foto dari ponselnya yang dikirim staf kemensos kepada puluhan wartawan yang hadir dalam keterangan pers tersebut.(S-09)