AMBON, Siwalimanews – Dusun Eri, Kecamatan Nusaniwe, menjadi lokasi digelarnya festival timba ikan puri pada 25 Februari.

Kegiatan digagas oleh beberapa komunitas seni dan seniman di Kota Ambon dan Maluku, dan disuport oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemen­terian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Stane Latumahina, salah satu seniman Maluku kepada warta­wan, Kamis (23/2) mengatakan, ada banyak hal yang akan ditayangkan dalam event itu,  baik itu teater, seni dan musik.

“Kegiatan ini akan berjalan sesuai linimasa yang sudah ditetapkan oleh panitia pusat,” terangnya.

Terkait dengan dipilihnya Dusun Eri sebagai lokasi kegiatan menurutnya letaknya berada pada Teluk Pulau Ambon dengan pemandangan pantai yang sangat indah, apalagi saat matahari terbenam.

Baca Juga: Status Tersangka, Kepala BPKAD Cs Masih Berdinas

“Kegiatan ini berpusat di Lapangan Gawang Mini Dusun Eri, pada pukul 16.00 WIT,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan masyarakat Eri, sebagian besar adalah nelayan dan di Dusun Eri, merupakan tempat ikan Puri terbanyak.

Olehnya festival ini dikemas didalamnya ada pertunjukan tari, teater dan musik dan workshop budaya, memajukannya, serta bagaimana menjaga ekosistem pesisir, khususnya di pantai Dusun Eri.

“Workshop tentang penciptaan karya seni mencakup tiga hal, yakni tari, musik dan teater, bersama tiga mentor dan para seniman, bertujuan untuk menciptakan karya pertunjukan bersama yang akan ditampilkan di puncak festival,” tandasnya.  (S-25)