AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut minta PT Telkomsel untuk dapat menambah BTS pada daerah-daerah yang sulit terjangkau jaringan internet.

Permintaan ini disampaikan Sairdekut kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (30/7) merespon sistim pembelajaran secara daring ditengah pandemi covid-19.

“Yang pasti kita meminta kepada Telkomsel untuk bisa memperhatikan persoalan dengan ketersediaan jaringan,” ungkap Sairdekut.

Pasalny kata Sairdeky, sampai dengan saat ini Pemerintah Provinsi Maluku masih memberlakukan pembelajaran secara daring, dan ini berpengaruh pada beberapa daerah yang jaringan internetnya belum tersedia secara maksimal.

Kendati beberapa waktu lalu Komisi I DPRD Provinsi Maluku telah bertemu langsung dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui program Bhakti untuk mensiasati kondisi yang ada, maka perlu ada langkah-langkah terobosan, sehingga dapat menyelesaikan persoalan ini.

Baca Juga: Jembatan Wai Salas di SBT Ambruk

Apalagi, pemerintah pusat telah menetapkan covid-19 sebagai pandemi, maka konsekuensi semua BUMN harus mendukung keputusan pemerintah, termasuk dengan menyediakan fasilitas guna proses pembelajaran secara daring.

“Ini kan salah satu kebutuhan pandemi yang berkaitan dengan ketersediaan jaringan bagi proses belajar mengajar,” ucap Sairdekut.

Politisi Gerindra ini menambahkan, saat ini para pelajar sangat terkendala dengan persoalan ketersediaan jaringan, sehingga Telkomsel perlu melakukan identifikasi terhadap semua wilayah yang terkendala jaringan.

Sairdekut berharap, pihak Telkomsel dan pemda dapat berkolaborasi untuk menyelesaikan persoalan keterbatasan jaringan di Maluku saat ini. (S-50)