MASOHI, Siwalimanews – Raut wajah penuh kebahagiaan terpancar dari Wa Sayani, salah seorang penerima bantuan sambung listrik gratis dari PLN.

Warga Kecamatan Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah ini akhirnya dapat menikmati sambungan listrik langsung dari PLN yang terpasang di rumahnya setelah beberapa tahun mengandalkan lampu minyak ketika malam.

Wa Sayani adalah satu dari sekian banyak potret penerima bantuan PLN dalam program bernama Light Up the Dream (LUTD).

Dalam program ini, PT PLN (Persero) UP3 Masohi hadir melalui himpunan donasi pegawai secara individu. Pelaksanaan penyambungan listrik gratis ini merupakan wujud kepedulian PLN untuk memberikan harapan baru kepada warga kurang mampu yang saat ini belum menikmati listrik sehingga bisa menjalankan aktivitas sehari hari dengan lebih baik dan produktif.

“Selama beberapa tahun belum merasakan listrik tapi hari ini Alhamdulillah katong ucapkan terimakasih buat PLN yang sudah memberikan sambungan listrik gratis kepada kami. Semoga menjadi berkah dan rezeki yang melimpah serta dimudahkan segala urusannya untuk PLN dan seluruh pegawainya,” ujar Wa Sayani.

Baca Juga: Sidak di RS Haulussy, Sekda Perintah Bayar Jasa Dokter

Wa Sayani menambahkan, dirinya terbantu dengan program PLN ini, karena seorang ibu tunggal dengan dua anak yang sehari-hari berprofesi sebagai petani ini mengaku belum bisa menyisihkan sebagian penghasilannya untuk mendapatkan sambungan listrik PLN di rumahnya.

Dirinya sendiri saat ini sedang menderita penyakit gondok kronis yang belum dapat melanjutkan pengobatan dikarenakan keterbatasan ekonomi.

General Manager PLN Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula menuturkan, komitmen PLN dalam penyaluran energi berkeadilan serta pemerataan akses listrik diwujudkan salah satunya melalui program LUTD ini.

“Kami yakin bahwa ada banyak mimpi masyarakat di luar sana untuk dapat memperoleh akses listrik yang merata. Kami berupaya mewujudkan mimpi itu melalui program ini,” ungkap Awat, dalam release, yang diterima Siwalima, Rabu (2/8).

Selain itu, dengan adanya listrik ini diharapkan dapat mendorong perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kecamatan Kota Masohi.

Pada hari yang sama, sebuah keluarga kecil yang beralamat di Dusun Huameteno, Kecamatan Amahai juga mendapat kesempatan untuk merasakan listrik untuk pertama kalinya.

Diana Kasim, seorang petani yang memiliki 10 orang anak yang tinggal dalam satu atap yang lusuh sangat berbahagia menjadi salah satu sasaran dalam program Light Up The Dream kali ini.

“Dengan program ini, semoga menjadi manfaat dan berkah bagi pegawai yang berdonasi maupun masyarakat penerima bantuan. Kami juga canangkan program Light Up The Dream ini akan terus berkelanjutan di waktu yang akan datang.” tutur Muhammad Ilham, Manager ULP Masohi.

Senada dengan hal itu, Assistant Manager Pemasaran UP3 Masohi, Ayub Nur menyampaikan, program LUTD merupakan inisiasi dari pegawai PLN untuk memberikan donasi berupa penyambungan listrik gratis kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Tentunya kita tidak menutup mata bahwa masih banyak saudara kita yang belum bisa menikmati listrik yang terpasang di rumahnya. Oleh karena itu, PLN hadir untuk ikut berkontribusi dalam mewujudkan energi yang berkeadilan dengan memberikan bantuan penyambungan listrik gratis. Bantuan ini adalah amanah dari rekan-rekan pegawai PLN,” ujar Ayub. (S-17)