BULA, Siwalimanews – Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif mengharapkan, penyelenggara pemilu khususnya Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu dapat melaksanakan seluruh tugas menjelang pesta rakyat 14 Februari 2024 mendatang dengan baik.

Hal ini ditegaskan Kapolda saat kunjungan kerjanya di Kabupaten Seram Bagian Timur dan melakukan pertemuan dengan penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu SBT yang dipusatkan di Kantor KPU SBT, Sabtu (7/10).

Dikatakan, sebagian tahapan pemilu sudah dijalani bersama, hal ini tentu harus menjadi antisipasi bersama baik KPU dan Bawaslu, TNI/Polri maupun pemerintah daerah.

“Pemilu bukan barang baru, se­hingga kita sudah punya pengalaman untuk kita evaluasi, gar semua penye­lenggara dapat melaksanakan tugas dengan aman dan tidak terintimidasi apapun, sehingga kualitas hasil pemilu dapat dicapai,” tegas Kapolda

Kata Kapolda, KPU, Bawaslu, TNI dan Polri haruslah netral dimana profesionalisme harus ditingkatkan.

Baca Juga: Pengangkatan Calon Raja Negeri Soya Tabrak Aturan

“Sesuai dengan arahan Bapak Wakil Presiden bahwa, KPU dan Bawaslu harus netral, TNI/Polri akan melaksanakan pengamanan serentak dan benar-benar fokus pada momen yang sangat penting yang menjadi agenda negara, dan profesionalisme kita harus kita tingkatkan,” ungkap Kapolda

Berbagai kelemahan dan keku­rangan, lanjut Kapolda, harus dapat dimaksimalkan, karena negara telah memberikan tanggung jawab yang besar bagi KPU dan Bawaslu.

“Kelemahan kita kekurangan kita di tahun kemarin dapat kita maksimalkan di tahun ini. Negara telah memberikan tanggung jawab yang besar kepada kedua lembaga ini yakni KPU dan Bawaslu yang merupakan representasi dari Negara,” ujar Kapolda.

KPU dan Bawaslu harus men­jalankan tugas pokok dan fungsi dengan baik dan betul-betul dimaksimalkan. Sinergitas dan koordinasi di lapangkan juga harus tetap dibangun, sehingga pemilu damai itu dapat terwujud

Orang nomor satu di Polda Malu­ku menjelaskan, sistem pengamanan harus dikoordinasikan mulai dari pengamanan internal maupun eksternal. Baik itu pengamanan pada orang maupun benda. Sehingga ada persoalan yang timbul dapat kita tangani dengan cepat dan baik.

“Dinamika dan permasalahan akan selalu timbul dalam pesta demokrasi ini tetapi harus kita jaga dengan semangat persatuan dan persau­daraan. Polri siap membantu KPU dan Bawaslu untuk mewu­judkan pemilu yang damai,” tegas Kapolda

Ajang Perkokoh

Sebelumnya, ketua KPU SBT Kisman Kelian mengatakan, pemilu serentak tahun 2024 merupakan ajang memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka pe­milihan Presiden dan Wakil Presi­den, anggota DPR, DPR, DPRD Pro­vinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Dan akan dilanjutkan dengan serentak Pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur, bupati dan wakil bupati. Dan semuanya itu meru­pa­kan agenda nasional yang pertama kali, yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu Lima tahun sekali.

“Jadi pemilu pada 14 Februari tahun 2024 dan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah pada tanggal 27 November 2024. Ini merupakan tantangan bagi kita semua, baik kami sebagai penye­lenggara pemilu, TNI/Polri dan se­laku rakyat Indonesia pada umum­nya dan tetap menjaga stabilitas keamanan,” ungkap Kelian.

Dikatakan, tahapan pemilu yang telah dilaksanakan KPU SBT adalah pembentukan badan detox yang terdiri dari, pembentukan panitia pemilihan kecamatan pada 20 November sampai 16 Desember tahun 2024 telah ditempatkan sebanyak 75 anggota PPK pada 15 Kecamatan.

Arahan Kapolda

Sebelumnya, Kapolda saat mengunjungi Personel Kompi 3 Batalyon B Satuan Brimob Polda Maluku di Bula, Jl Kelapa Dua, Desa Bula, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur. Sabtu (6/10).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Kapolda beserta jajarannya yakni, Karo Operasi Kombes Pol Asep Saepudin, Karo Logistik Kombes Pol Donny Setiawan, Direktur Polair Kombes Pol Handoyo Santoso dan Direktur Lalu Lintas Kombes Pol Rusdy Pramana Suryanagara.

Hadiri pula dalam kunker yakni, Bupati SBT Mukti Keliobas, Sekre­taris Daerah Jafar Kwairumaratu, Ketua DPRD Noaf Rumau, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejak­saan Negeri serta Komandan Kompi E Yonif 731/Kabaresi.

Kapolda dalam arahan singkatnya mengatakan, Polres Seram Bagian Timur ini merupakan kunjungan kerjanya ke-11 diantara Polres jajaran Polda Maluku, dan yang pertama kali untuk mengawali sambangi Safari Kamtibmas dalam rangka pemilu damai 2024.

“Saya mulai melakukan sambangi Safari Kamtibmas dari Polres Seram Bagian Timur, saya pertama kali hadir di Polres SBT semenjak dilantik menjadi Kapolda Maluku, untuk Polres jajaran Polda Maluku saya sudah melakukan kunjungan kerja,” ungkap Kapolda

Kapolda mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda, tokoh masyara­kat serta instansi terkait, atas kerja­samanya selama ini dan telah me­nyem­patkan waktu, tingkatkan sinergitas dengan Pemerintah Daerah, TNI dan aparat penegak hukum lainya.

“Kita sama-sama menjaga situasi yang kondusif di wilayah kita menjrlang pemilu tahun 2024, dan kita sudah memasuki pentahapan Calon Presiden dan calon Wakil Presiden tahun 2024. Walaupun keterbatasan yang ada, kita tetap melaksanakan tugas pengamanan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab,” tandas Kapolda (S-27)