AMBON, Siwalimanews – G-Expo atau GenIUS Science Expo merupakan agenda tahunan dari Sekolah GenIUS. Kegiatan dimaksud adalah agenda bergensi yang menampilkan prestasi para siswa sekolah GenIUS, yang dipersiapkan secara matang selama satu semester atau bahkan satu tahun ajaran. Sejak tahun kemarin Pengurus Pusat YPPK DR. J. B. Sitanala telah membangun kerjasama dengan Sekolah GenIUS yang turut diimplementasikan oleh Pengurus Cabang Pulau Ambon Timur. Dan di tahun 2023 dengan bangga YPPK DR. J. B. Sitanala Klasis Ambon Timur menyambut undangan dari Sekolah GenIUS untuk mengirim 2 siswa terbaik dari SMA Kristen Passo turut serta dalam agenda tahunan G-Expo Tahun 2023.

Kedua siswa dimaksud adalah Keren Patty (kelas XI) dan Amel Melmambessy (kelas X). Dalam even expo tersebut kedua siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka didepan para siswa, tamu dan undangan yang hadir. Mereka berdua mempresentasikan hasil riset dengan judul Uji Anti Inflamasi Ekstrak Etanol Daun Pecut Kuda Terhadap Penyembuhan Luka Sayat Mencit dan satu judul yang lain adalah Pemanfaatan Eco-Enzim Untuk Tanaman.

Presentasi Karen dan Amel mendapat sambutan hangat dari para peserta expo dan juga para siswa sekolah GenIUS.

Ketua YPPK DR. J.B. Sitanala Cabang Pulau Ambon Timur, O Ririmase berharap kehadiran dua siswa SMA Kristen Passo menginspirasi rekan-rekan siswa di SMA Kristen Passo tetapi juga siswa lainnya di Maluku khususnya di bidang riset.

“Sekolah Generasi Indonesia Jaya Untuk Semua  adalah sekolah yang berlokasi di Karawaci Tanggerang, yang didirikan pada tahun 2013 guna mewujudkan pendidikan bagi anak-anak Indonesia Timur untuk memperoleh pendidikan terbaik. Melalui program riset sejak dini, sekolah GenIUS mendorong peserta didik untuk berpikir kritis sehingga peserta didik terasah dan terbiasa menyelesaikan permasalahan,” ungkap Ririmasse, dalam releasenya, yang diterima Siwalima, Kamis (22/6).

Baca Juga: 8 SD Jadi Pilot Project Belajar Berbasis Digital

Terhitung sejak 2016, kata Ririmasse, sekolah GenIUS telah meluluskan sejumlah alumni yang kemudian melanjutkan pendidikan di beberapa kampus ternama baik di dalam maupun di luar negeri seperti di Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Inbtitut Pertanian Bogior, Universitas gajah Mada, Universitas AIrlangga, William & Mary (Williamsburg USA) dan Sichuan Universty (China).

“Pemerintah Kota Ambon dan beberapa kabupaten di Maluku telah menyekolahkan beberapa siswa pada Sekolah GenIUS dan kini sedang menuntut ilmu. Sekolah dengan mutu dan kualitas pendidikan berstandar intrenasional bukanlah kaleng-kaleng dengan menyelenggaran G-Expo,” tandasnya.

Ririmasse mengaku bangga mendapatkan kesempatan untuk menyertakan anak-anak YPPK DR JB Sitanala Klasis Ambon Timur, ini peluang besar untuk mempublikasikan kualitas SMA Kristen Passo dan harus disambut dengan penuh rasa syukur. (S-08)