PIRU, Siwalimanews – Bupati Moh Yasin Payapo, didamping Istrinya Syarifah Payapo, meresmikan dua puskesmas baru di Kabupaten Seram Bagian Barat.

Dua Puskesmas yang diresmikan Payapo yakni Puskesmas Latu, Ke­camatan Amalatu dan Puskesmas Elpaputih, Kecamatan Elpaputih, Rabu (10/3).

Dalam peresmiannya, bupati me­minta kepada tenaga kesehatan un­tuk dapat meningkatkan kinerja da­lam memberikan pelayanan keseha­tan.

Kehadiran dua puskesmas baru, maka kepada pimpinan puskesmas dan seluruh pegawainya untuk me­ningkatkan lagi etos kerja.

“Sebab dengan tingkatkan etos kerja, maka pelayanan akan berjalan maksimal sesuai harapan masyarakat,” ung­kap Payapo.

Baca Juga: Komisi II DPRD Apresiasi Langkah Pemda SBB

Payapo meminta, jika ada masya­rakat yang sakit harus segera ditin­daklanjut secepat mungkin.

“Apabila masyarakat yang sakit namun pihak puskesmas tidak me­ngetahuinya itu sangat tidak masuk akal,” kata Payapo.

Ditegaskan, dengan berdirinya puskesmas ini demi membantu dan melayani masyarakat yang membu­tuhkan pelayanan kesehatan. Untuk itu pihak puskesmas harus memiliki jadwal yang dibuat pimpinan pus­kesmas, untuk mengecek ke rumah-rumah masyarakat, guna mengetahui kondisi kesehataann masyarakat.

“Selaku pemerintah daerah saya minta kepala puskesmas harus membuat jadwal kunjungan ke rumah-rumah warga. Hal ini untuk mengecek atau mengetahui kepas­tian, apakah ada orang sakit atau tidak,” ingat Payapo.

Dengan hal tersebut, kata Payapo,  langkah ini, akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pe­layanan kesehatan yang lebih optimal.

Menurutnya, sejauh ini lanjut ada beberapa kasus terkait masyarakat yang sakit, dimana pihak puskesmas tidak tahu. Bahkan baru didiketahui setelah diposting di media sosial. Agar tidak lagi terjadi hal demikian, ia mengancam akan mencopot jabatan pimpinan puskesmas.

“Ada beberapa kasus yang kita ketahui dari media sosial, bukan dari pihak puskesmas. Untuk itu saya ingatkan, jika ada lagi yang seperti itu, kepala puskesmas saya copot jabatannya,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu pula bupati memerintahkan, agar kepala Pus­kesmas pada masing-masing wila­yah, untuk mengaktifkan puskesmas pembantu yang ada pada tiap desa. Sebab dengan demikian dapat mempercepat dan memper­mu­dah masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

“Dengan diresmikannya dua pus­kes­mas ini, saya berharap akan ada peningkatan pelayanan kesehatan ba­gi masyarakat di Bumi Saka Mese Nu­sa lebih baik lagi,” harapnya. (S-48)