AMBON Siwalimanews – Gubernur Maluku, Murad ismail berharap, kunjungan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keagamaan (Menkopolhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian ke Maluku bisa mem-bawa perubahan bagi daerah ini.

“Jadi ini harapan kita semua masyarakat Maluku, bisa membawa perubahan dalam bentuk pembangunan,’’ kata gubernur kepada wartawan di Ambon. Rabu (227).

Menurutnya sesuai perintah presiden seluruh kegiatan di daerah sudah harus dilaksanakan termasuk dana alokasi khusus (DAK).

“Covid membuat kita semua mati, tapi sekarang kita semua mulai bekerja dan pak Presiden sudah perintahkan untuk semua menteri terkait yang ada pekerjaannya segera harus jalan,” kata gubernur.

Kata dia, Presiden memerin-tahkan para menteri untuk datang ke daerah-daerah guna memas-tikan selain penanganan covid, perekonomian dan pembangunan harus segera berjalan.

Baca Juga: Diduga, tak Transparan Kelola Dana Prakarya Tunai

“Perintah Presiden semua menteri yang kedaerah-daerah, karena menteri-menteri menganggap covid itu hal biasa. Tapi Presiden menganggap ini bukan hal biasa. Ini ekstraordinary,’’ ujar gubernur kepada wartawan di kantor gubernur Maluku, Rabu (22/7)

Dijelaskan, kedatangan menteri-menteri ke Maluku bisa membawa perubahan seperti kemarin sudah datang ke Maluku yakni, Menko PMK dan Menteri Kesehatan dan Ketua Gugus Tugas Nasional.

“Jadi kedatangan menteri ini hal biasa, karena di Maluku saat ini kita mau pilkada. Padahal kita bisa Vidkon aja dengan pusat. Tapi kenapa para menteri datang ke daerah karena perintah presiden,” kata Murad.

Batal ke Ambon

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Aziz dan Panglima TNI Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto batal ke Ambon.

Sesuai rancangan agenda kunjungan kerja Menkopolhukam, Moh. Mahfud MD ke Ambon pada Kamis (23/7), Kapolri dan Panglima tercatat dalam rombongan Menkopolhukam.

Kapolri digantikan oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Resmi. Sedangkan Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto mewakili Panglima TNI.

“Jadi benar hasil rapat kita dengan tim advanced Kemenkopolhukam yang diketuai Brigjen TNI Iriyanto dipastikan kedatangan Menkopolhukam didampingi oleh Wakil Ketua DPD Nono Sampono dan Mendagri, sedangkan pak Kapolri dan Panglima TNI batal ke Ambon,” kata Sekda Maluku, Kasrul Selang kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (21/7).

Kasrul menjelaskan, rombongan Menkopolhukam akan tiba di Ambon sekitar pukul 10.30 WIT. “Rombongan tiba di Ambon pada hari Kamis sekitar pukul 10.30 WIT, setelah melakukan kegiatan di Timika, Papua,” terangnya.

Kasrul menambahkan, kedatangan Menkopolhukam dan rombongan untuk mengecek kesiapan pilkada di empat kabupaten di Maluku. “Kedatangan pak menteri untuk melakukan pertemuan dengan empat kabupaten yang akan melaksanakan pilkada di Maluku,” ujarnya. (S-39)