PIRU, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Moh. Yasin Payapo menyerahkan 20 ekor bantuan hewan qurban ke sejumlah masjid di desa dan dusun yang tersebar di delapan kecamatam menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

“20 Hewan qurban yang kami serah­kan ke pengurus masjid berupa hewan sapi ini  adalah bentuk kepedulian antar sesama begitu juga menendakan keta­atan atas perintah Allah SWT,” ungkap Bu­pati da­lam arahan singkatnya saat me­nyerahkan bantuan sapi di Masjid Al-Muhajirin Dusun Waimeteng Pantai, Desa Piru Kecamatan Seram Barat, Selasa (28/7).

Dijelaskan, hewan qurban berupa sapi ini diserahkan untuk delapan kecamatan terbagi di beberapa desa dan dusun, salah satunya di Kecamatan Seram Barat, Huamual, Kairatu, Kairatu Barat, Amalatu, Manipa, Huamual Belakang, dan Taniwel.

Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati mengatakan Idul Adha merupa­kan momentum yang baik untuk menela­dani keikhlasan Nabi Ibrahim mengur­bankan anaknya sendiri, Nabi Ismail. Di­mana hal itu mengajarkan nilai-nilai pe­ng­orbanan, ketulusan, dan keikhlasan.

“Maka dengan itu, apa yang sudah kita lakukan ini semata-mata hanya bertujuan untuk beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kita berharap, apa yang sudah kita berikan ini nantinya juga dapat ber­manfaat bagi sesama,” ujar Payapo.

Baca Juga: Bugis: Idul Adha Harus Patuhi Protokol Kesehatan

Untuk itu Bupati berpesan, kepada mas­yarakat untuk perbanyak berqur­ban, karena Insyaallah tidak akan mengurangi harta ataupun menambah kemiskinan, tapi insya Allah akan menambah kekayaan kita disisi Allah SWT.

Menemuruntnya, hikmah Idul Adha yang didalamnya terdapat Ibadah Qurban. Idul Adha mengandung nilai-nilai kemanusiaan, nilai kepedulian dan solidaritas yang patut diteladani. ‘’Tetapi kerendahan hati dan keikhlasan dan saling berbagi itulah makna Qurban yang sebenarnya,’’ ungkapnya.

Lanjut Bupati, batuan yang diserah­kan ini dapat bermanfat bagi masya­rakat terutama untuk kaum duapa, janda, duda, pakir miskin. Dengan jum­lah bantuan sebanyak 20 ekor sapi di tahun 2020 ini, ditahun mendatang akan diupayakan lebih banyak lagi sehingga bisa memenui keinginan masyarakat di daerah ini sehingga mereta disemua desa dan dusun.

“Lewat pembagian qurban ini juga silaturrahmi langsung dengan masyara­kat. Untuk itu  kepada masyarakat agar tidak segan untuk bersilaturahmi dengan saya dan juga SKPD, karena dengan pembagian hewan qurban ini mengingat kesempatan saya untuk bertatap muka langsung dengan masyarakat,’’ucapnya.

Setelah menyerahkan Hewan Qurban, Bupati didampingi Kadis Kesehatan Anis Tapangm Kadis PU Tomas Watimena, Kabag Kesra Aher Pattilouw, Kabag Humas Hendry Mandako kemudian memberi hormat dan bersalaman dengan pengurus Masjid Al-Muhajirin dan masyarakat setempat. (S-48)