AMBON, Siwalimanews – DPRD Maluku melalui Komisi IV telah menyetujui besaran anggaran embarkasi haji Makassar sebesar Rp3,5 milyar lebih.

Wakil ketua Komisi IV DPRD Maluku Ruslan Hurasan menjelaskan, untuk penyelenggaraan haji tahun 2022 tentunya terdapat beberapa komponen yang sudah dibicarakan dari sisi anggaran dengan Pemprov Maluku

“Yang pasti Komisi merekomendasi dan persetujuan sudah dikeluarkan, sehingga kontribusi Pemprov Maluku sebesar Rp3,5 milyar lebih,” ungkap Hurasan kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang panjang, Kamis (23/6).

Besar subsidi embarkasi haji ini kata Hurasan, akan dikelola Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Maluku yang diperuntukan bagi beberapa komponen, antara lain, transpotasi, akomodasi, konsumsi dan persoalan teknis lainnya yang terjadi selama kegiatan kelencaran keberangkatan Calon Jamaah Haji hingga kembali dari tanah suci Mekkah.

DPRD optimis dengan support Pemprov Maluku dalam hal anggaran, maka penyelenggaran haji tahun 2022 dapat mendekati kesempurnaan, dengan mengutamakan pelayan yang lebih prima. Selain itu, penyelenggaraan haji tahun ini, harus dapat diambil sebagai bahan evaluasi untuk persiapan Maluku sebagai Embarkasi Haji Antara di tahun 2023 mendatang.

Baca Juga: Curi HP, Tukang Ojek Ini Diciduk Polisi

“Nah kalau Maluku sebagai EHA, tentu komponen-komponennya mulai dari sekarang sudah harus kita persiapkan, agar penyelenggara haji kali ini mengarah ke pra EHA,” tuturnya.

Ia menambahkan, rapat persiapan telah melibatkan pihak-pihak terkait yang terlibat langsung dalam keberangkatan CJH Maluku di tanggal 24 Juni mendatang, diantaranya DPRD, PPIHD Maluku, PT Angkasa Pura, TNI/Polri terkait hal-hal yang berhubungan dengan persiapan keberangkatan.(S-20)