Ambon, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena memberikan ruang bagi para pelaku UMKM di Kota Ambon untuk menjajakan hasil karya mereka, dengan mendirikan sejumlah lapak di lokasi bekas Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di Dusun Larier, Desa Passo, Kecamatan Baguala.

“Kami memberikan tempat bagi para pedagang atau UMKM guna menjual barang-barang dagangan mereka. Langkah ini diambil agar masyarakat tidak lagi membuang sampah pada lokasi tersebut. Jadi setelah kita lakukan penertiban sampah di area ini, kemudian dibangun lapak-lapak ini,” ungkap walikota saat meresmikan lokasi tersebut, Rabu (11/1) kemarin.

Kehadiran sejumlah lapak pada lokasi itu, walikota berharap kedepan bisa lebih berkembang lagi. Dilain sisi, lokasi tersebut bisa terlihat lebih rapih dan bersih, dan tidak ada lagi yang membuang sampah di lokasi tersebut.

“Kita mau ini berkembang, demi kesejahteraan masyarakat, khususnya UMKM,” ujar walikota.

Sementara terkait dengan pengaturan perihal penggunaan lapak tersebut menurut walikota, akan diatur oleh  Pemerintah Negeri Passo, dan Pemkot sendiri tidak akan menagih retribusi disitu, sebab lokasi tersebut milik perseorangan.

Baca Juga: Sekot Hadiri Perayaan HUT Kabupaten SBB

“Yang pasti, mereka yang berdagang disini warga Kota Ambon, karena kita yang bangun ini di wilayah kita. Sekarang Pemerintah Negeri Passo sementara mendata, agar lapak-lapak ini akan diisi oleh pedagang yang telah disetujui oleh mereka. Satu hal lagi, kita tidak akan tarik retribusi, tetapi pedagang harus bayar biaya sewa lahan ke pemilik lahan,” tutur walikota.(S-25)