AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Melkianus Sairdekut, memberikan peringatan kepada pemerintah provinsi agar segera menyampaikan usulan tiga nama sekda hasil kerja tim seleksi ke Kementerian Dalam Negeri.

Hal ini disampaikan Sairdekut kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (11/10) merespon belum ditindaklanjutinya hasil seleksi sekda yang telah diserahkan Timsel kepada Pemerintah Provinsi Maluku.

Menurut Sairdekut, hal ini perlu diperingatkan, sebab sudah menjadi tanggungjawab DPRD Provinsi Maluku untuk terus mendorong, agar hasil seleksi sekda yang telah dituntaskan oleh Timsel diteruskan ke Mendagri agar didapatkan sekda yang definitif.

“Sampai saat ini kan belum ada sekda definitif, maka kita minta pemprov segera mempercepat usulan sekda tersebut, agar kita tidak lagi berada di kondisi pemerintahan yang dijabat oleh pelaksana tugas,” tegas Sairdekut.

DPRD kata Sairdekut, juga mendorong agar gubernur dan wakil gubenur dapat mengintruksikan jajarannya, khususnya BKD untuk segera menyelesaikan tahapan seleksi ini dengan berkoordinasi bersama Kemendagri.

Baca Juga: Terancam tak Beroperasi, Panca Karya Minta Modal Tambahan

Pemerintah Provinsi Maluku harus mempercepat penetapan sekda definitif oleh Kemendagri, sebab sudah terlalu lama jabatan ini dipimpin oleh seorang pelaksana tugas, yang memiliki begitu banyak keterbatasan.

Apalagi, kebutuhan pemerintahan di lingkungan Provinsi Maluku sangat mendesak dengan adanya pembahasan APBD Perubahan, maupun APBD murni 2023, yang membutuhkan pengambilan keputusan, sehingga membutuhkan sosok sekda yang definitif.

“Kita mendorong gubenur dan wakil gubernur untuk menyelesaikan tahapan yang sudah dituntaskan Timsel, agar sekda definitif yang menjadi kebutuhan daerah segera dituntaskan,” ujar Sairdekut.

Gubernur juga diminta agar dapat mengawal setiap proses di Kemendagri, agar penetapan sekda definitif dapat secepatnya dilakukan oleh Mendagri Tito Karnavian, sehingga persoalan ini dapat dituntaskan. (S-20)