AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena mengatakan, Workshop Keamanan Cyber dan pembentukan Computer Security Incident Response Team (CSIRT), memiliki peran penting dan strategis serta memiliki dampak positif bagi perkembangan Kota Ambon di era digitalisasi.

Hal ini diungkapkan Wattimena dalam sambutannya membuka Workshop Keamanan Cyber dan pembentukan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) yang digelar oleh Dinas komunikasi informasi dan Persandian Kota Ambon, dan dipusatkan di Elizabeth Hotel, Kamis (7/3).

“Kegiatan ini memiliki peran penting dan strategis dalam upaya bersama kita untuk memberikan pemahaman, tetapi juga sekaligus pengamanan terhadap berbagai hal yang sementara kita lakukan terkait dengan komputerisasi, terkait dengan digitalisasi yang terus kita kembangkan di Kota Ambon,” ungkap Wattimena.

Di era yang semakin maju ini, lanjut Wattimena, pemerintah daerah dituntut untuk melakukan perubahan dalam rangka mempermudah berbagai layanan kepada masyarakat, berbagai hal yang selama ini dilakukan secara konvensional atau secara manual yang kemudian berubah dengan pendekatan digital. Akan tetapi, di era digitalisasi ini sudah pasti ada dampak positif maupun negatif.

“Dampak positifnya ialah pelayanan bagi masyarakat akan semakin mudah dan lebih cepat. Akan tetapi pasti dari segi lain ada dampak negatifnya,” tuturnya.

Baca Juga: Polda Maluku Siapkan Personel di Tahapan Pilkada

Sedangkan dampak negatif, lanjut Wattimena, serangan siber berupa malware yang sewaktu-waktu dapat merusak sistem server melalui jaringan komputer yang diprediksi akan menjadi ancaman utama.

Untuk itulah, lanjut dia, perlu ditingkatkan pengetahuan bagi ASN di lingkup Pemkot Ambon yang menjalankan tugas dan fungsi pelayanan bagi masyarakat melalui internet.

“Cyber Crime seperti serangan malware ini yang mesti kita antisipasi. Karena hal itu  mengancam kita kalau kita tidak hati-hati, dan tidak menyiapkan diri untuk yang melakukan pengamanan terhadap berbagai aplikasi atau apapun yang kita lakukan di internet,” ujarnya.

Wattimena berharap kedepannya, lewat kegiatan tersebut serta pembentukan CSIRT, maka Pemkot Ambon akan siap dalam meningkatkan keamanan Cyber.

“Sudah tentu dengan bantuan dan sosialisasi serta arahan dan bimbingan tim dari Badan Cyber dan Sandi Negara (BSSN), diharapkan Pemkot Ambon siap meningkatkan keamanan cyber di era yang semakin maju ini, “harapnya.

Untuk diketahui kegiatan ini dihadiri beberapa pimpinan OPD di lingkup Pemkot Ambon. Turut hadir pula para narasumber yang berasal dari Tim Cyber dan Persandian Nasional. (S-29)