AMBON, Siwalimanews – DPRD Kota Ambon menggelar rapat paripurna khusus dalam rangka pelepasan jenazah anggota DPRD dari Fraksi Nasdem, Christian Latumahina, Senin(10/1).

Walikota Ambon Richard Louhenapessy dalam kata-kata pelepasan almarhum mengatakan, kepergian Christian Latumahina bukan hanya dirasakan oleh Keluarga Besar Halattu-Latumahina, namun juga menjadi bagian dari Pemerintah Kota Ambon.

“Sebagai orang percaya, kita harus mengakui bahwa almarhum telah mengakhiri perjalannya. Yakinlah, perpisahan ini akan menjadi indah pada waktunya,” ucap walikota.

Walikota mengaku, almarhum Chris Latumahina sebagai wakil rakyat telah berjuang dalam  semangat restorasi Indonesia, sesuai cita-cita proklamasi kemerdekaan NKRI.

“Hidup ini seperti pidato, yang penting bukan panjangnya tetapi isinya. Saya atas nama Pemerintah Kota Ambon, secara pribadi dan keluarga mengucapkan turut berduka cita atas kepercgian almarhum,” ungkap walikota.

Baca Juga: Latumahina Minta Warga Kota Taati Aturan

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Ambon Elly Toslisutta dalam sambutannya mengatakan, kesedihan ini meruapakan dukacita semua warga kota, karena almarhum sejak tahun 2014, atau kurang lebih 6 tahun 4 bulan, memiliki niat suci yang tulus untuk mengabdi membangun kota ini.

“Atas nama pimpunan dan seluruh anggota DPRD dan warga Kota Ambon turut berbela sungkawa atas kepergian almarhum dan bagi keluarga yang ditinggalkan kiranya diberikan kekuatan dan penghiburan,” ucap Toisuta.

Sebelum menutup paripurna khusus tersebut, Toisuta memimpin penghormatan terkahir terhadap jenazah serta peletakan bunga oleh Pimpinan DPRD dan ketua-ketua fraksi, Walikota Richard Louhenapessy, Wakil Walikota Syarif Hadler, Sekot AG Latuheru, dan Rektor Unpatti MJ Sapteno serta istri dan anak-anak almarhum.

Usai meletakan karangan bunga jenazah kemudian diserahkan dari pimpinan DPRD kepada Ketua Majelis Jemaat GPM Irene Batu Gajah untuk selanjutnya di makamkan.

Untuk diketahui almarhum Chiristian Latumahina Lahir di Ambon pada 2 januari 1968  dan meninggal dunia dalam usia 53 tahun.

Karier politik almarhum di partai Nasdem dimulai sejak tahun 2011 dan terpilih sebagai wakil rakyat pada masa bhakti 2014-2019 dan 2019-2024.

Selama menjalankan tugas sebagai anggota DPRD, almarhum selalu menunjukan dedikasi dan loyalitasnya sebagai wakil rakyat. Saat sakit, almarhum dibawa ke RS Otto Kyuk untuk menjlani pengobatan selama satu hari dan meninggal pada Sabtu (9/1).

Amarhum minggalkan satu orang istri dan 7 anak serta 3 menantu dan 5 orang cucu. (S-51)