AMBON, Siwalimanews – DPRD Provinsi Maluku mengap­resiasi kinerja Irjen Baharuddin Djafar selama menjabat Kapolda Maluku sejak menjabat 10 bulan lalu.

Hal ini disampaikan langsung Ke­tua DPRD Maluku, Lucky Watti­mury kepada wartawan, Selasa (17/11) menanggapi dimutasinya Djafar.

“Selaku pimpinan DPRD kami memberikan apresiasi yang tinggi bagi Irjen Pol Baharuddin Djafar selama menjabat sebagai Kapolda Maluku,” ujar Wattimury.

Menurutnya, selama menjabat sebagai Kapolda Maluku Irjen Pol Baharuddin Djafar telah menunjuk­kan kinerja dalam melakukan tugas, salah satunya telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan secara khusus DPRD Provinsi Maluku.

Baharuddin dinilai berhasil dalam mempertahankan situasi kamtibmas yang begitu kondusif ditengah dina­mika Provinsi Maluku yang terdiri dari ribuan pulau dengan persoalan yang begitu kompleks.

Baca Juga: Kajari: Wujud Kepatuhan Semua Perangkat

Apalagi kamtibmas menjadi salah satu aspek dan titik kunci yang me­nentukan keberhasilan seluruh proses pembangunan baik infra­struktur maupun pembangunan manusia di Maluku.

Salah satu pendekatan baik yang selama ini ditunjukan  Kapolda Ba­haruddin Djafar dalam menjamin situasi kamtibmas yang kondusif ialah pendekatan kemanusiaan yang tinggi.

“Pembangunan yang lain akan berjalan dengan lancar sangat bergantung pada kondisi ketertiban dan keamanan masyarakat dan salah satu pendekatan yang bagus selama Kapolda  lama itu beliau punya pendekatan kemanusiaan yang tinggi,” terangnya.

Selain itu, selama pandemi covid-19 melanda Maluku dan khusus Kota Ambon, Djafar telah menunjukan peran yang sangat srategi dalam mendorong Kota Ambon keluar dari zona merah penyebaran covid dengan kebijakan pencegahan kerumunan massa yang berdampak pada penyebaran covid.

Wattimury berharap dengan masuknya Kapolda Maluku yang baru dapat melanjutkan apa yang telah dikerjakan Kapolda yang lama, secara khusus memastikan pilkada berjalan dengan aman.

“Ini kan menjelang pilkada yang akan dilakukan tanggal 9 Desember mendatang, tentu ini tugas utama yang harus diselesaikan oleh Kapolda Baru semoga bisa berjala dengan baik dan masyarakat bisa menggunakan hak pilih dengan baik juga,” cetusnya. (S-50)