DINAS Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ambon kembali menggelar Jambore Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) tingkat Kota Ambon tahun 2023, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Kamis (23/11).

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena dalam sambutannya yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekot Ambon,  Robby Sapulette mengatakan, PIK-R bertujuan untuk memberikan informasi konseling dan pelayanan bagi remaja. Selain itu juga program ini sangat penting dan berkaitan dengan prospek pertumbuhan kesehatan dan proses reproduksi remaja dengan peran PIK-R dimaksud sosialisasi program generasi berencana genre pada kalangan remaja khususnya di sekolah-sekolah dan juga masyarakat sangatlah efektif karena komunikasi yang dijalin melalui pendekatan dari, oleh dan untuk remaja sendiri.

Selain itu, kata Walikota, program ini turut membantu mensosialisasikan program pembangunan keluarga dan keluarga berencana (Bangga Bencana) secara umum sehingga diharapkan PIK-R tahun ini dapat memberikan pelajaran penting bagi ke 150 peserta yang mengikutinya dengan tujuan agar generasi muda kota kreatif, inovatif dan berkualitas sehingga jauh dari nilai-nilai negatif yang bisa merusak masa depan.

“Saya berharap Jambore PIK-R yang digelar pada hari ini tidak hanya sekedar kegiatan sehari-hari saja tapi mempunyai nilai penting sebagai wujud tanggung jawab kita bersama untuk menciptakan remaja yang kreatif, inovatif dan berkualitas,” tandasnya.

Baca Juga: Serahkan APBD Terlambat, FPG: Pemerintah MI-Orno Buruk

Sementara itu, Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ambon yang juga Bunda Genre Kota Ambon, Ny Lisa Wattimena juga memiliki harapan yang sama yakni melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi yang disampaikan merata kepada semua remaja yang merupakan teman sebaya yang mana di usia remaja ini rasa keinginan tahunnya tinggi.

Selain itu dirinya juga meminta agar para orang tua tentunya dapat membangun komunikasi yang baik dan efektif guna menghantarkan remaja menuju gerbang kehidupannya lebih baik ke depan.

“Jambore PIK-R juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang banyak untuk memberikan informasi serta wadah konseling bagi remaja yang sering diperhadapkan pada persoalan-persoalan yang membuat mereka ingin serba tahu dan mencoba banyak hal. Selain itu komunikasi efektif antara orang tua dan anak juga harus terus dilakukan. Jadilah pendidik, panutan, pendamping, konselor, komunikator teman dan sahabat yang baik dalam keluarga,” harap Watimena. (Mg-3)