MASOHI, Siwalimanews – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1502 Masohi, resmi dibuka.

Program TNI untuk mewujudkan kemanunggalannya dengan rakyat dan untuk mendukung program pembangunan dilingkungan Kodim 1502 Masohi, Kabupaten Maluku Tengah itu dibuka langsung Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu L Leleury.

Wabub Leleury saat membuka ke­giatan yang berlangsung di Mako­dim 1502 Masohi, Rabu (15/) itu, me­ngapresiasi terlaksananya program TMMD 112 Kodim 1502 Masohi

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah saya meng­apresiasi dan sangat menyam­but baik terlaksananya kegiatan ini. Semoga melalui kegiatan TMMD ini kita dapat bersama-sama bergotong-royong membangun desa, memba­ngun negeri tercinta, membangun kebersamaan sebagai satu bangsa dan satu tanah air Indonesia,” ujar Leleury.

TMMD menurut Leleury adalah salah satu program pemberdayaan masyarakat yang bersinergi dengan program pemerintah pusat maupun daerah yang bertujuan untuk mem­percepat pembangunan daerah, ter­utama infrastruktur yang dibutuh­kan masyarakat pedesaan.

Baca Juga: Noach: Kades Punya Peran Penting Layani Masyarakat

Dikatakan TMMD secara tidak langsung telah membangun kehar­mo­nisan TNI dan masyarakat.

“Keharmonisan, kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat telah menjadi salah satu pilar tetap tegaknya NKRI. Nilai-nilai ini merupakan kekuatan besar untuk mengatasi berbagai permasalahan bangsa terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19. Olehnya itu, program TMMD harus kita sukseskan bersama sebagai bukti komitmen TNI dan pemerintah daerah dalam menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat,” tegasnya.

Leleury mengharapkan TMMD juga dapat dijadikan wahana sosia­lisasi dalam menghadapi pandemi Covid-19 tentang penerapan proto­kol kesehatan serta program vaksi­nasi masal agar masyarakat tetap produktif untuk membangun ekonomi ketahanan rumah tangga.

Ditempat yang sama Dandim 1502 Masohi Letkol Infanteri S.N Wirak­ma Wira menjelaskan TMMD 112 kodim 1502 tahun ini dipusatkan di Kecamatan Seram Utara Timur Kobi dengan sasaran Desa Sariputih serta beberapa dusun di wilayah tersebut.

“Lokus kegiatan TMMD 112 Kodim 1502 tahun ini kita fokuskan di Desa Sariputih, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Maluku tengah,” ungkapnya.

Secara umum ada beberapa ke­giatan yang dilakukan bersinergi de­ngan program pemerintah kabupa­ten Maluku Tengah salah satunya pembangunan jalan usaha tani sepanjang 2 kilo meter, rehab rumah layak huni serta lain sebagainya.

Dandim menambahkan TMMD 122 Kodim 1502 Masohi akan digelar selama satu bulan sampai dengan 14 Oktober mendatang.

Pembangunan wilayah desa, menurutnya merupakan salah satu realisasi dari kebijakan nasional (Nawacita) yang ingin membangun Indonesia dari pinggiran.

“Salah satu titik fucos dari pembangunan nasional ini berupaya untuk mewujudlan kestabilan dan kemajuan Indonesia secara keselu­ruhan. Melalui pembangunan inilah potensi yang ada di pedesaan harus dikembangkan dan kekurangan yang ada harus diatasi,” tandasnya.

Dikatakan TNI AD berkomitmen untuk turut mengambil bagian dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dan mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. (S-36)