AMBON, Siwalimanews – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon menggelar bimbingan teknis tentang pengelolaan pengaduan melalui sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional (SP4N) layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (LAPOR) dan Omnichannel.

Sekretaris Diskominfosandi Ronald Lekransy dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Selasa (11/7) mengatakan, bimtek yang dilaksanakan secara daring, pada Senin (10/7) kemarin itu, melibatkan pejabat penghubung dan admin LAPOR serta Omnichannel dari setiap OPD.

“Kegiatan ini juga merupakan upaya pemkot guna memperluas SP4N-LAPOR, termasuk Omnichannel, yaitu sistem yang mengolaborasikan berbagai jenis saluran komunikasi dalam satu platform, sehingga diharapkan, pejabat penghubung dan admin LAPOR serta Omnichannel memahami pengelolaan pengaduan yang dimanfaatkan oleh pemkot,” ujarnya.

Bimtek ini juga kata Lekransy, bertujuan agar peserta dapat mengoptimalisasikan pelayanan publik lewat media digital yang disediakan pemerintah pusat sampai ke daerah, termasuk Pemkot Ambon.

Hal ini juga sekaligus menjawab salah satu program prioritas nasional Presiden Joko Widodo, yaitu reformasi birokrasi, mencakup kecepatan melayani dan memberi izin, menghapus pola pikir linier, monoton, dan terjebak di zona nyaman, serta adaptif, produktif, inovatif dan kompetitif, sehingga mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas, yaitu yang mampu memberikan kepuasan kepada masyarakat.

Baca Juga: Triwulan II Sejumlah OPD Belum Capai Target Pendapatan

“Masing-masing OPD diharapkan dapat miliki website masing-masing guna menginclude widget live chat. Dengan itu mohon partisipasi OPD menginput pengaduan masyarakat ke aplikasi SP4N-LAPOR dan OPD dapat siapkan laporan before-after dari setiap pengaduan sebagai bukti tindak lanjut, semua ini butuh kontrol dan pengawasan yang aktif dari pimpinan OPD, kecamatan dan kelurahan,” jelasnya.(S-25)