NAMLEA, Siwalimanews – Mantan Rektor Uniqbu Ahmad Mukaddar siap maju di Pilkada Buru yang akan berlangsung di bulan November tahun ini.

Kesiapan Ahmad Mukaddar, itu dibuktikan dengan mendaftar di DPC PKS Buru, Senin sore (13/5). Saat mendaftar Mukaddar juga menyerahkan visi dan misinya sebagai bakal calon Bupati Buru, dimana ia ingin mewujudkan masyarakat Buru yang berkarakter, religius, mandiri, berwawasan, serta berperadaban modern.

Ahmad Mukaddar saat tiba di Sekretariat PKS Buru sekitar pukul 17.00 WIT ditemani beberapa orang dekatnya salah satunya Eksan Alkatiri.

“Majunya Ustad Mukaddar di Pilkada Buru ini sebagai poros tengah,” jelas Eksan yang setia menemani Mukaddar mendaftar di PKS.

Selain di PKS kata Eksan, Ahmad Mukaddar yang juga Pengurus DPD Partai Golkar Maluku itu turut disurvey di internal Partai Golkar, sehingga ia optimis, Partai Golkar akan merekomendasikan Mukaddar maju sebagai calon bupati.

Baca Juga: Kejati Dinilai tak Profesional Usut Kasus Kwarda

Golkar dengan kekuatan tiga kursi, kemudian ditambah PKS juga tiga kursi, maka sudah penuhi syarat maju di pilkada.

“Kami juga sedang melobi beberapa partai lainnya, terutama partai pendukung pak Prabowo dan Mas Gibran,” beber Eksan

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan PKS Buru Irfan Papalia pada kesempatan itu mengapresiasi  mantan Rektor Uniqbu mendaftar di PKS, sebab Mukaddar adalah sosok dan tokoh anak Bupolo yang brilian, sehingga layak untuk menjadi Bupati Buru periode lima tahun mendatang.

“Beliau orang baik, religius dan Insya Allah dapat rekomendasi PKS,” ucap Irfan.

Hingga Senin (13/5) sore, sudah lima bakal calon bupati yang mendaftar di PKS, antara lain Ikram Umasugi, Aziz Hentihu, Amos Besan, Muhammad Daniel Rigan dan Ahmad Mukaddar. Sementara bakal calon wakil bupati yang baru mendaftar hanya Sudarmo. Kader PKS ini pernah menjadi anggota DPRD Maluku dari dapil Maluku II (Pulau Buru).

Irfan optimis, kalau kandidat yang diusung partainya bakal bersinar di Pilkada Buru, sebab PKS punya kekuatan full yang akan bergerak dan bersinergis di pilkada nanti.

“PKS punya tiga kursi DPRD Buru, 1 kursi DPRD Maluku, ditambah bonus 1 kursi DPR RI. Nanti akan bekerjasama untuk memenangkan calon yang diusung partai ini,” tandas Irfan.

Selanjutnya kata Irfan,  para kandidat bupati dan wakil bupati  yang mendaftar di PKS ini akan mengikuti seleksi lanjutan dan uji kelayakan  oleh DPW PKS Maluku di Ambon.(S-15)