AMBON, Siwalimanews – Memperingati hari Pattimuram 15 Mei, Perkumpulan Dosen Indonesia Semesta (DIS) bersama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menggelar bedah buku sejarah asal usul Pahlawan Nasional Thomas Matulessy Kapitan Pattimura Anak Negeri Hulaliu, yang berlangsung di Student Centre FKIP Unpatti, Kamis (3/6).

Bedah buku yang digelar secara daring ini menghadirkan narasumber mantan Gubernur Maluku Karel Ralahalu, sese­puh Unpatti/mantan Rektor Unpatti Mus Huliselan, Ka­prodi Pendidikan Sejarah FKIP Unpatti Sem Touwe, Dosen Pendidikan Sejarah FKIP Un­patti John Pattiasina serta Thomas Matulessy selaku penulis buku yang merupakan generasi ke-6 Pahlawan Nasional Thomas Matulessy. Sementara ber­tindak sebagai moderator Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra FKIP Unpatti Heppy Lelapary.

Ketua Perkumpulan DIS Maluku, Jusnik Anamofa dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini untuk kedua kalinya dilakukan oleh Perkumpulan DIS Maluku dimana seminar pertama dilakukan tahun 2018 dan hari ini dilakukan bedah buku dalam rangka memperingati Hari Pattimura 15 Mei.

“Buku yang akan dibedah ini se­lain merupakan kegiatan yang digagas oleh DIS Maluku namun juga atas ijin dan kepercayaan dari keluarga besar Thomas Matulessy di Hulaliu, sehingga kami me­nyambut baik pelaksanaan kegiatan ini dan diharapkan kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik dan ber­manfaat bagi kita semua,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Rektor I Bidang Akademik, Fredy Leiwa­kabessy dalam sambutannya seka­ligus membuka kegiatan tersebut mengatakan, sebagaimana diketahui begitu banyak diskusi dan perbin­cangan terkait asal usul Pahlawan Nasional Thomas Matulessy  sehi­ngga Unpatti sebagai lembaga akademik terutama FKIP bersama Perkumpulan DIS Maluku bekerja sama untuk bisa melakukan diskusi kembali terkait hal ini.

Baca Juga: Tanikwele Jabat Kalapas Kelas III Dobo

“Diharapkan dari diskusi ini dapat memastikan hal-hal yang selama ini masih menjadi polimik tetapi berharap dengan proses kita hari ini dapat dilaksanakan sehingga menhadi catatan penting bagi generasi kita kedepan,” katanya.

Untuk diketahui, buku sejarah asal usul Pahlawan Nasional Thomas Matulessy Kapitan Pattimura Anak Negeri Hulaliu ini terdiri dari lima bab dengan 109 halaman, dimana Bab I berisilan Pendahuluan, Bab II terkait Matulessy Anak Haturessy, Bab III Warisan Thomas Matulessy di Negeri Hulaliu, Bab IV Matulessy dan Lessiputty, serta Bab V Beta Bangga Pikol Marga Matulessy. (S-50)