DOBO, Siwalimanews – Sosialisasi vaksinasi yang terus gencar dilakukan puskesmas Dobo merupakan bagian dari bentuk edukasi ke masyarakat agar jangan takut ketika di vaksin

Hal tersebut disampaikan Kepala Puskesmas Dobo, Maria Karemy, kepada wartawan, di Dobo, Rabu (2/6).

Dikatakan, sosialisasi ini meru­pakan bentuk dari edukasi ke mas­yarakat agar tidak takut untuk divaksin.

Hal ini berkaitan dengan banyak informasi di luar yang tidak ter­tanggung jawab terkait dengan vaksinasi, membuat masyarakat menjadi takut dan lainnya.

“Sosialisasi ini terus gencar kami lakukan hingga ke tingkat RT se-kelurahan Galay Dubu, sesuai dengan lingkup wilayah kerja kami. Dimana sosialisasi ini guna meningkatkan peran serta sejumlah elemen dalam lingkup Kelurahan Galay Dubu untuk mengedukasi masyarakat agar mau divaksinasi vaksin covid-19,” ungkap Karemy.

Baca Juga: ACT Laksanakan Deklarasi KKIPT

Dirinya juga menghimbau masyarakat agar tidak takut menerima vaksin, karena pemerintah sudah menjamin vaksin aman, sehat dan halal. Selain itu pencanangan vaksin juga sudah dilakukan untuk tenaga kesehatan dan pelayanan publik, hasilnya pun tidak menimbulkan efek negatif.

Sosialisasi vaksinasi di sejumlah RT Kelurahan Galaydubu  dilaksanakan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Dobo, melibatkan Lintas Sektor yang ada di Kecamatan Pulau-Pulau Aru yakni Camat, Sekcam, Lurah, Babinsa dan Bimas.

Sebelumnya juga telah dilakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19 di desa-desa binaan Puskesmas Dobo dan saat ini diupayakan pihak Puskesmas lebih ditekan sosialisasinya di wilayah Rukun Tetangga (RT) Kelurahan Galaydubu.

“Besar harapan saya agar mas­yarakat di RT Kelurahan Galaydubu bisa sehat semua dan juga saya menghimbau agar kita tetap men­jalankan  5 M memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, menghindari kerumunan dan me­ngurangi mobilitas,” pesannya.

Kepada peserta yang terdiri dari perangkat lurah, dan kader pos­yandu Lansia, narasumber kegiatan mem­berikan materi diantaranya tentang latar belakang dilakukan vaksinasi, pengertian vaksinasi dan vaksin, tujuan vaksinasi, jenis vak­sin yang diberikan serta kandu­ngannya, taha­pan dan alur vaksinasi. (S-25)