AMBON, Siwalimanews – Sembilan Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Ma­luku dinyatakan lulus evaluasi Tim Penilai Internal (TPI) dan dapat di­usul­kan sebagai satker berpre­dikat menuju Wilayah Bersih dari Korupsi (WBK).

Hal ini disampaikan oleh Pe­ngendali Teknis TPI, Qolbin Salim dalam pertemuan akhir selepas evaluasi dua hari terakhir di Aula Kanwil Kemenkumham Maluku. Kamis (3/6).

9 satker yang dinyatakan lulus evaluasi TPI dan dapat diusulkan sebagai satker berpredikat WBK yakni Kantor Wilayah Kemen­kumham Maluku, Lembaga Pe­mas­yarakatan Kelas IIa Ambon, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tual, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual, Lembaga Pemasya­ra­katan Kelas III Piru, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Saum­laki, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Ambon, dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Ambon.

Dalam penyampaian hasil ter­sebut, Qolbin mengungkapkan, kekaguman kepada satker-satker yang ada di Maluku. Hal ini dika­renakan semangat dan antusias seluruh jajaran kemenkumham maluku dalam meraih wbk.

“Saya takjub dan mengapresiasi dengan semangat serta antusias bapak-ibu dalam upaya meraih predikat wbk pada satkernya. Apalagi Maluku termasuk dalam wilayah Indonesia Timur yang me­nurut saya, berupaya sangat mak­simal untuk bisa menyetarakan standart pelayanan masyarakat agar bisa sama dengan di wilayah Indonesia Barat. Oleh karena itu, saya dan teman-teman TPI setuju untuk mengusulkan sembilan satker yang ada ini untuk ke tahapan berikutnya dalam meraih predikat WBK,” jelas Qolbin.

Baca Juga: Antisipasi Puncak Musim Penghujan, BPBD Minta Warga Waspada

TPI yang juga terdiri dari Inspektur Wilayah II selaku pe­nanggungjawab, Icon Siregar, Ke­tua Tim, Superman, serta Anggota Tim, Petrus Moko dan Kurniawan mengapresiasi perjuangan satker sampai di tahap ini. Adapun evaluasi yang ada tetapi di berikan motivasi serta catatan-catatan un­tuk pembenahan sebelum meng­hadapi evaluasi berikutinya pada Tim Penilai Nasional (TPN) nanti.

“Bapak-Ibu jajaran kemenkumham maluku, jangan berpuas diri dahulu. Masih ada tahapan TPN berikutnya. Pada setiap evaluasi yang di berikan, kami berikan masukan dan catatan yang harus dibenahi segera. Kami harap itu menjadi perhatian sungguh guna meraih predikat WBK. Semoga suskes,” tambah Moko.

Diwawancarai secara terpisah, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku, Andi Nurka mengungkapkan rasa terima kasih atas hasil evaluasi yang diberikan oleh TPI. Dan setiap masukan dan catatan yang di titipikan untuk pembenahan akan segara di tanggapi guna mempersiapkan diri lebih baik lagi di tahapan berikutnya.

“terima kasih bapak-bapak TPI untuk evaluasi selama dua hari ini bagi rekan-rekan kami satker di wilayah kemenkumham maluku. Semoga masukan saran serta catatan-catatan penting yang di kutip dari hasil pemapa­-ran kali ini, bisa kami benahi segera. Serta kami akan ber­pa­-ya semaksimal mungkin untuk mendorong satker-satker yang ada untuk meraih predikat WBK di Maluku ini,” katanya. (S-16)