AMBON, Siwalimanews – Rektor Unpatti, M.J Sap­tenno melantik Pieter Kaki­sina sebagai Dekan Fakul­tas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) periode 2020-2024. Da­lam kepemimpinan perio­de kedua ini, dirinya fokus mengembangkan riset.

Pelantikan dan peng­ucapan sumpah jabatan berlang­sung di Aula Lantai II Gedung Rek­torat Unpatti, Kamis (15/6) siang, dengan protokol kesehatan.

Hadir dalam pelantikan itu diantaranya para wakil rektor, ketua senat dan sekretaris senat universitas, para dekan, para kepala biro, dan para ketua lembaga.

Dalam sambutannya, Saptenno mengatakan, dalam memajukan uni­versitas harus adanya koor­dinasi antara pimpinan fakultas de­ngan pimpinan universitas, sehi­ngga seluruh program yang dibuat bisa sinergi.

Ia berharap, mahasiswa yang masih mendapatkan nilai C dapat didongkrak untuk memperoleh nilai A atau B. Karena menjadi salah satu faktor untuk menarik minat masyarakat masuk Unpatti.

Baca Juga: Hari Pertama Sekolah di Dobo, Siswa Jalani Thermal Scan

“Dari situ masyarakat akan menilai tergantung nilai, kalau milai pastinya minatnya tinggi, namun jika C pastinya masih berpikir banyak,” kata Saptenno.

Sementara Dekan Fakultas MIPA Pieter Kakisina mengatakan, fa­kultas yang dipimpinnya tetap akan mendukung dan memberikan kon­tri­busi bagi universitas.

Dalam periode kedua kepemim­pinannya ini, Kakisina akan ber­upaya untuk menjadikan Fakultas MIPA lebih baik kedepan, utamanya dalam mengembangkan riset.

“Orang-orang MIPA harus mem­berikan kontribusi yang jelas melalui hasil-hasil riset,” ujarnya.

Lanjutnya, MIPA akan mendorong univeritas untuk mengembangkan penelitian anti virus Covid-19.

“Masyarakat membutuhkan satu prodak yang bersumber dari universitas yang berkaitan dengan penanganan covid. Ini yang akan kami dorong,” tandasnya.

Ia berharap, program ini berjalan, sehingga Unpatti dapat memberi­kan kontribusi dalam penanganan Covid-19.

Terpilih

Pieter Kakisina kembali terpilih memimpin Fakultas MIPA Unpatti untuk periode kedua.

Terpilihnya Kakisina sebagai dekan periode 2020-2024 berlang­sung dalam rapat senat Fakultas MIPA, Rabu (1/7), di ruang multimedia jurusan Fisika.

Sebanyak tiga calon yang ikut dalam kompetisi merebut kursi orang nomor satu di Fakultas MIPA. Mereka adalah Pieter Kakisina, Henry J. Wattimanela, dan Yusthi­nus T. Male.

Kakisina adalah calon petahana berasal dari jurusan Biologi. Watti­manela dari jurusan Matematika, sedangkan Male dari jurusan Kimia.

Sebanyak 13 anggota senat yang memiliki hak suara hadir. Mereka berasal dari unsur dekan, wakil dekan, ketua jurusan, guru besar dan perwakilan masing-masing jurusan 1 orang. Dalam pemilihan Kakisina berhasil mendulang mayoritas dukungan anggota senat, dengan 9 suara. (Cr-2)