MASOHI, Siwalimanews – Sedikitnya tiga unit rumah toko  terbakar di Masohi, sekitar pukul 01.31 wit, Senin (25/3).

Terbakarnya Ruko yang diduga akibat hubungan arus pendek listrik itu, berada di jalan Abdullah Soulissa, kelurahan Lesane Kecamatan Kota Masohi,Maluku Tengah.

Kejadian itu ditengarai akibat sambungan arus pendek listrik sehingga berlangsung sangat cepat. dan mengakibatkan upaya pemadaman tidak membuahkan hasil. Api terus berkobar dan menghanguskan seluruh bangunan ruko.

Kejadian yang terjadi jelang waktu sahur itu, sontak menimbulkan perhatian warga sekitar. Mereka berupaya, bahu membahu memadamkan api, bersama petugas pemadam kebakaran Pemkab Malteng. Namun api yang terus berkobar tidak berhasil dipadamkan.

Kapolres Malteng Hardi Meladi Kadir menegaskan kebakaran yang menghanguskan 3 roko di jalan abdulah Soulissa Masohi itu diduga akibat hubungan arus pendek listrik. Terhadap hal itu sedikitnya empat saksi telah diambil keterangannya.

Baca Juga: Pelayanan Bank Mandiri KCP Gemba Kecewakan Nasabah

“Sudah ada empat saksi yang telah kita ambil keterangannya. Salah satunya, La Amir pemilik Roko,” kata Kapolres.

Menurut La Amir,  kata Kapolres, awal mula kejadian, dirinya sedang berada di lantai dua Ruko, tepatnya di Arah Resto Cafe. Dimana saat itu dirinya sedang tidur. Namun sekitar pukul 01.30 wit,Dia dikagetkan dengan kepulan asap yang bersumber dari ruang bawah, bagian dapur. Melihat hal itu,dirinya sontak menyelematkan diri melalui pintu belakang ruko,” tandas Kapolres.

Setelah memastikan  telah berada di lokasi aman, La Amir kemudian menghubungi Unit Pemadam Kebakaran. Namun  saat unit pemadaman kebakaran tiba di TKP, Api sudah membesar terus membakar tiga unit ruko itu.

“Saudara La Amir ini selanjutnya menghubungi unit damkar, namun ketika tiba di TKP, api sudah membesar dan sudah sulit dipadamkan,” ungkap Kapolres.

Selain La Amir, lanjut Kapolres, Samsudin Asgar,salah satu saksi lain juga sempat melihat kepulan asap yang berasal dari bangunan tiga ruko yang menjadi satu gedung itu. Saat itu Asgar sedang menikmati kopi di warkop sebelah TKP.

“Samsudin Asgar salah satu saksi lain juga sempat melihat kepulan asap tebal dari arah resto cafe. saat itu yang bersangkutan berada dekat dengan TKP. Tepatnya di warung kopi milik saudara Moh Al Hamid. Melihat hal itu dirinya berteriak meminta tolong warga lainnya untuk membantu memadamkan api,”ungkapnya.

Dikatakan, selain mengambil keterangan saksi, polisi juga telah melakukan identifikasi lokasi kebakaran untuk mengidentifikasi sebab pasti terjadi kebakaran yang menghanguskan tiga ruko satu bangunan itu.

“Meski tidak ada korban jiwa, Akibat kebakaran hebat itu pemilik ruko menderita kerugian yang ditaksir mencapai ratusan juta rupiah,” katanya. (S-17)