AMBON, Siwalimanews  – Komandan Lantamal IX Ambon, Laksa­mana Pertama TNI Budi Purwanto mengajak seluruh prajuritnya tetap semangat, meningkatkan disiplin dan menjaga aset milik Lantamal IX, memelihara kebersihan lingkungan kerja maupun tempat tinggal.

“Khusus kepada anggota yang pelihara hewan ternak sapi dan kam­bing agar diawasi keberadaannya untuk tidak keliaran dijalan-jalan dan merusak taman, baik di kantor maupun dihalaman rumah-rumah anggota ujarnya,” jelas Purwanto sebagaimana diungkapkan, Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Dan­lantamal IX Ambon, Kolonel Marinir Nanang Purwoko pada apel pagi, Senin (16/9) yang diikuti seluruh pra­jurit dan PNS Lantamal IX Ambon.

Dalam arahannya, Aspotmar menyampaikan bahwa tugas TNI khususnya TNI Angkatan Laut dimasa damai  Operasi Militer Selain Perang (OMSP) berupa, pembinaan potensi maritim (Binpotmar) dengan merangkul masyarakat bersama me­lakukan penanggulangan bencana alam, bhakti sosial kesehatan, pe­nyuluhan dan pelestarian hutan pesisir dengan menanam pohon Manggrove.

Dengan meneruskan penekanan dari Danlantamal IX, agar seluruh prajurit tetap semangat dan mening­katkan disiplin.

Disampaikan juga, rencana kede­pan dalam rangka HUT TNI ke 74 akan dilaksanakan penanaman mang­grove diseluruh pesisir pantai Indonesia secara serentak demi selamat­kan bumi untuk anak cucu.

Baca Juga: Ratusan Hektar Lahan di Seram Utara Barat Hangus Terbakar

Berkaitan dengan pelaksanaan penanaman manggrove Lantamal IX akan menanam disepanjang pantai Halong mulai  dari pantai dekat lapangan sepak bola Mako  hingga ketimur dekat Kantor Bakamla Ambon.

Dalam kegiatan tersebut dibaca­kan, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI yang diikuti oleh seluruh peserta, hadir dalam pengarahan apel pagi tersebut seluruh anggota militer, PNS Lantamal IX, anggota Batalyon Marinir pertahanan pang­kalan (Yonmarhanlan) IX, para Ke­pala Satuan Kerja (Ksatker) dan Kepala Dinas. (S-19)