AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI Pattimura, Mayjen Ruruh A Setyawibawa, terus melaku­kan pengecekan kesiapan penga­manan kunjungan Presiden Joko Widodo yang berencana  ke Saumlaki 1 September besok.

Saat berada di Saumlaki, Pangdam tidak hanya mengecek kesiapan pengamanan di darat tapi juga di laut salah satunya dengan bersila­turahmi ke Lanal Saumlaki yang berkedudukan di Larat Kepulauan Tanimbar Selasa (30/8).

Kedatangan Pangdam beserta rombongan disambut Danlanal Saumlaki, Letkol Laut (P) Andi Kris­tianto. Kunjungan Pangdam ke Lanal Saumlaki untuk mempererat kerja sama dalam mendukung tugas pokok satuan masing-masing.

Selain itu sekaligus meninjau proses debarkasi pasukan TNI-Polri yang akan terlibat dalam pengamanan kunker  Presiden Joko Widodo. Pada kesem­patan itu, Pangdam beserta rom­bongan juga meninjau KRI Teluk Banten yang dikomandoi Letkol Laut (P) Dita Ariyanugroho yang telah melaksanakan debarkasi pa­sukan pengamanan dari Ambon.

Ia berpesan kepada prajurit TNI-Polri yang terlibat dalam Satgas Pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden RI untuk memahami dan menguasai prosedur tetap pengamanan VVIP, memegang teguh disiplin dan rantai komando, melakukan koordinasi maksimal dengan unsur pengamanan lainnya, melaporkan setiap perkembangan situasi dan hal-hal menonjol serta utamakan faktor keamanan personel dan materiil selama pelaksanaan tugas.

Baca Juga: Lomba Gerak Jalan Belum Ada Pemenang

“Jelang kedatangan Presiden, segala persiapan harus dilakukan pengecekan dan pastikan kembali masing-masing personel paham apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Pedomani prosedur serta segera laporkan hal-hal yang menonjol kepada komando atas. Saya berharap kita semua diberikan kesehatan dan kelancaran dalam pelaksanaan tugas ini,” tegas Pangdam.

Untuk diketahui, kunjungan Pangdam ke Lanal Saumlaki didampingi sejumlah pejabat seperti Danlantamal IX/Ambon, Brigjen Mar Said Latuconsina, Asisten Kasdam XVI Pattimura seperti Asops dan Asintel, serta sejumlah pejabat Lanal Saumlaki. (S-07)