BUPATI Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach,  bersama Ketua TP PKK Maluku Barat Daya Ny. Rely Noach mengikuti rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 dan terpilih menjadi penerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia.

Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah, pemangku kepentingan, mitra kerja BKKBN serta organisasi perempuan yang mendukung pelaksanaan program Pembangunan Keluarga, Kepen­dudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala BKKBN, Hasto War­doyo, dalam Gala Dinner Hari Keluarga Nasional yang ke-30, di Griya Agung Rumah Dinas Gubernur Sumatera Selatan, Senin (4/7).

Bupati MBD mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan yang telah diterimanya. Penghargaan ini sebagai apresiasi karena Kabupaten MBD menjadi mitra kerja yang telah melaksanakan program Bangga Kencana.

“Penghargaan tertinggi dari Pemerintah Pusat ini menjadi sebuah motivasi dan semangat kami untuk melaksanakan berbagai program untuk menurunkan angka stunting,” ujar Bupati.

Baca Juga: Wabup Buka Raker Majelis Latupati

Bupati juga menyampaikan, pentingnya partisipasi aktif seluruh masyarakat MBD dalam menjalankan program pengendalian biaya seperti perencanaan keluarga, penyuluhan kesehatan reproduksi, dan peren­canaan keluarga.

“Menurunkan angka stunting, membangun keluarga yang bahagia tidak bisa digerakkan hanya dari pemerintah daerah, butuh partisipasi dan kolaborasi berbagai pihak,” ungkap Bupati

Bupati menambahkan, peringatan Harganas kali ini merupakan momentum bagi seluruh keluarga khusus­nya di Kabupaten Maluku Barat Daya untuk merefleksikan peran penting keluarga.

“Keluarga sebagai pendukung utama dalam membentuk budaya, karakter perilaku, dan keluarga me­megang peranan besar dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas,” ujar Bupati.

Untuk itu, Bupati mengajak seluruh keluarga di Kabupaten Maluku Barat Daya untuk menjaga kualitas keluarga dan anak-anak agar dapat tumbuh berkembang dengan optimal.

“Penting juga untuk menjaga kualitas gizi keluarga kita, sebagaimana pesan yang disam­paikan oleh pemerintah pusat lewat tema Harganas kali ini yakni “Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia Maju,” katanya.

Bupati ikut mengucapkan selamat memperingati Hari Keluarga Nasional ke-30 Tahun 2023

“Rencanakanlah keluarga yang berkualitas dan bebas stunting sejak dini, untuk Indonesia maju. Salam BKKBN, Berencana itu keren,” pungkas Bupati.

Rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional kali ini diisi dengan banyak diskusi, monitoring, dan evaluasi percepatan pe­laksanaan penanganan stunting semester I tahun 2023 di seluruh Indonesia. (Mg-2)