PERAYAAN hari raya Idul Adha 1444 H/ 2023 M melalui Badan Amal Zakat di lingkup ASN Pemkab SBT berkurban, di halaman Kantor Baznas Kota Bula. Kamis (29/6).

Bupati SBT Mukti Keliobas dalam amanatnya yang dibacakan Wakil Bupati, Idris Rumalutur mengatakan, kurban merupakan salah satu ibadah yang memiliki makna yang sangat dalam ajaran Islam sehingga melalui ibadah kurban ini bisa mengikuti dan belajar dari jejak Nabi Ibrahim bahwa ini sesuatu yang berharga dan sayang kepadanya untuk ketaatannya kepada Allah.

“Selain itu ibadah kurban juga memiliki nilai dan dimensi sosial dan rasa solidaritas sesama manu­-sia yang sangat tinggi nilainya, terutama menjaga kesenjangan, dan kepedulian sosial antar sesama manusia. Terutama bagi mereka orang-orang yang kurang mampu atau belum beruntung mendapatkan keberkahan nikmat Allah,” ucap Bupati.

Bupati menjelaskan, ibadah kurban memang membutuhkan ketulusan dan keikhlasan yang cukup tinggi untuk mengorbankan harta benda yang dimiliki sebagai ujian keimanan. Dan juga upaya untuk mengendalikan hawa nafsu, sifat kikir, rakus, tamak, kita atas harta kekayaan yang kita miliki.

“Manusia memiliki kecendrungan untuk kikir, rakus, tamak dan ingin mengumpulkan harta sebanyak- banyaknya maka, Allah SWT telah menyinggung kita dalam Al-Quran bahwa harta yang kita miliki terdapat bagian orang lain didalamnya,” tandas Bupati.

Baca Juga: Bupati Hadiri Upacara HUT Bhayangkara ke-77

Menurut Bupati  SBT dua periode ini, bagi para saudara- saudara yang belum beruntung atas nikmat Allah SWT yang diberikan itu.

“Olehnya itu, dengan kita berkurban dari harta yang kita miliki maka sudah pasti sebagian saudara-saudara kita dapat merasakan nikmat yang Allah berikan melalui berkurbannya kita. Dan berkurban dapat memberikan keberkahan atas harta yang kita miliki dan Allah akan menambah­kan rizki kita,” tandasnya.

Bupati menandaskan, dengan berkurban, kita akan mendapatkan kehormatan oleh Allah SWT.Dan sekaligus mendapat sanjungan doa, dan kehormatan dari saudara- saudara kita yang mendapatkan harta yang kita korbankan.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Seram Bagian Timur memberikan apresiasi kepada ASN berkurban melalui BAZNAS setempat. Atas inisiatif untuk melakukan pendistribusian dibeberapa kecamatan, dan juga dilakukan penyembelihan hewan kurban di kantor BAZNAS hari ini semoga berjalan dengan baik,” ujar Bupati.

Bupati menghimbau kepada semua pihak untuk terus memberikan kepercayaan kepada BAZNAS. Untuk mengelola Zakat, Infak, Sedekah, dan dana sosial lainnya, agar dapat tersalurkan kepada saudara- saudara yang berhak menerimanya.

Dan sekaligus mengawasi pelaksanaan program yang dilakukan agar masyarakat dapat memberikan kepercayaan untuk dapat menyalurkan zakat, infak, sedekah, dan dana social lainnya kepada BAZNAS SBT untuk dapat disalurkan kepada warga yang berhak menerimanya,” terangnya.

Sementara Kepala Baznas SBT Sidik Rumalowak dalam arahannya mengatakan,  jumlah muzaki di saat ini sebanyak 3411 jiwa per 9 Juni 2023. Itu semuanya adalah arahan dari Bupati dan Wakil Bupati dalam hal ini ASN Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Timur. “Jumlah perolehan Zakat, Infak, dan Sedekah, dan dana sosial lainnya per-tahun 2022 itu berjumlah 3840 juta rupiah. Sedangkan untuk sampai per tahun 2023 per bulan Juni ini, itu berjumlah 1.920.267.876 rupiah,” beber Rumaloak. (Mg-1)