BUPATI Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas dengan resmi membuka acara MTQ X tingkat kabupaten, yang diselengarakan di Negeri Amarsekaru, Kecamatan Pulau Gorom SBT, Kamis (11/11).

Dalam sambutan Bupati SBT mengatakan, pelaksanaan event keagamaan Musabaqa MTQ saat ini memiliki posisi yang sangat strategis, dalam upaya untuk pembangunan mental spritual.

“Musabaqa Tilawatil Qur’an saat ini memiliki posisi yang sangat strategis, dalam upaya untuk pembangunan mental spritual kita,” ungkap Bupati.

Dikatakan, event MTQ merupakan perlombaan yang juga mengacu pada isi dan kandungan Kitab suci Alqur’an. Sehingga, kekuatan spritual ini akan menjadi referensi dalam setiap langkah kehidupan bagi setiap umat Muslim dimana saja berada.

“MTQ yang saat ini diselenggarakan harus mampu meningalkan jejak-jejak peradaban yang akan membawa perubahan pada arah yang lebih baik,” ujarnya.

Baca Juga:

Keliobas juga mengajak masyarakat SBT untuk mempererat tali silatutahim dan juga saling menghormati sesama manusia.

“Mari kita pererat silatirahim sekligus selalu hidup saling memahami dan saling menghormati juga mendukung satu sama lain. Melalui mukjizatnya Alqur’an, yang hari ini akan dibacakan dengan alunan suara yang indah, ditulis dengan karya seni yang tinggi, ditafsirkan dengan akan budi dan kelapangan hati, maka MTQ ini dapat melahirkan generasi muda yang memiliki kecerdasan intektual dan kecerdasan spiritual agar daerah ini memiliki generasi baik,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Keliobas mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat SBT, kepada masyarakat Kecamatan Pulau Gorom dan terkhusus kepada masyarakat Amarsekaru, yang sudah bersedia menjadi tuan rumah yang baik bagi semua Kafilah MTQ yang datang dari semua kecamatan.

Ia sangat meyakini dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya, pelaksanaan MTQ yang diselenggarakan di Palau Manawoko Negeri Amarsekaru ini dapat menjadi salah satu peristiwa keagamaan yang patut dikenang oleh masyarakat.

Untuk diketahui, jumlah peserta yang mengikuti lomba sebanyak 540 peserta bersama tim official yang terdiri dari 15 kecamatan.

Turut hadir Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur, Dandrem 151 Binaya Brigjen TNI Arnold AP Ritiauw, Plt Sekda SBT Djafar Kwairumaratu, Bupati Buru Ramli Umasugi, Forkopimda, sejumlah Pimpinan OPD SBT, seluruh camat, bersama seluruh kepala pemerintah negeri maupun negeri. (S-47)