AMBON, Siwalimanews – Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, menyerahkan SK pensiun dan piagam penghargaan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah memasuki masa purnabakti (Pensiun), yang berlangsung di Gedung Enos, Kompleks Kediaman Bupati Kepulauan Tanimbar, Kamis  (9/7).

Turut mendampingi Ketua TP. PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Ny. Joice M. Fatlolon, Penjabat Sekretaris Daerah R. B. Moriolkossu, dan para Pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Dalam press release yang diterima Siwalima, disebutkan, berdasarkan informasi dari BKPSDM Kabupaten Kepulauan Tanimbar, diketahui bahwa pada Tahun 2020 jumlah ASN yang memasuki masa pensiun berjumlah 107 ASN. Untuk periode Januari sampai dengan Juli 2020 terhitung 30 ASN yang sudah memperoleh SK Pensiun dan dalam acara tersebut ada 10 ASN yang hadir menerima SK pensiun.

Dari 10 ASN purnabakti tersebut tercatat ada seorang ASN yang paling lama masa baktinya sebagai ASN  yaitu 40 tahun 6 bulan atas nama Ny. Maria Clara Fatlolon yang terakhir bertugas sebagai guru di SMP Negeri 1 Wertamrian.

Dalam sambutannya, Bupati menyebut, para ASN yang telah memasuki masa Purnabakti sebagai Pahlawan Daerah, Abdi Negara yang telah mengakhiri tugasnya dengan baik dalam mendukung pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Bumi Duan Lolat.

Baca Juga: Warga Desa Tial Selamatkan 3 Nelayan Asal Banda

“Para ASN ini telah memberikan hari-hari hidupnya untuk mengabdi kepada daerah, negara dan bangsa Indonesia, baik itu sebagai tenaga teknis, tenaga kesehatan maupun tenaga pendidi-kan serta turut memberikan sum-bangsih yang besar bagi kemajuan generasi saat ini,” ujarnya.

Sebagai contoh di bidang pendidikan, kata dia, lahirlah para pemimpin-pemimpin daerah yang berkompeten dari tangan dingin seorang tenaga pendidik. Di bidang kesehatan, tak terhitung jumlah nyawa yang terselamatkan dan tingkat harapan hidup masyarakat yang terus meningkat dan terakhir di bidang teknis, terciptanya aparatur yang berdedikasi tinggi. Ia pun menyebutkan bahwa sudah tentu para ASN yang sudah memasuki masa purnabakti memiliki andil besar dalam mendukung program dan kerja pemerintah daerah.

Bupati pun mengingatkan, para ASN yang sudah memasuki masa purnabakti patut diberikan perha-tian dan diperlakukan sebagaimana seorang pahlawan sejati yang tetap mengabdi walaupun dalam keterbatasan yang disebabkan kondisi geografis Tanimbar dikala itu yang masa terisolir dan minim sarana dan prasarana transportasi dan akomodasi.

“Saya atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Daerah patut mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas pengabdian yang sudah diberikan oleh Bapak/Ibu sekalian, atas karya yang telah terukir dalam lembaran sejarah Tanimbar” ujar Fatlolon.  Ia pun meminta kepada para ASN purnabakti agar tetap mendukung pemerintah lewat doa yang dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk membangun negeri ini dari ujung Molo Maru sampai ke Selaru menuju Tanimbar yang cerdas, sehat, berwibawa dan mandiri.

Dalam kesempatan acara tersebut selain menyerahkan SK Pensiun dan Piagam Penghargaan, Bupati Kepulauan Tanimbar menyerahkan kenang-kenangan berupa buku Kepulauan Tanimbar kepada para Purna Bakti dan dilanjutkan dengan jamuan makan malam bersama. (S-16)