NAMLEA, Siwalimanews – Mensiasati dampak pandemik Covid-19, SMPN 42 Buru di Desa Siahoni, Kecamatan Namlea Kabupaten.Buru menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan sistim daring.

Kepala SMPN 42 Buru, Irfan Sillia, dalam siaran pers Senin malam (13/7) menjelaskan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengumumkan awal Tahun Ajaran Baru 2020/2021 pada tanggal 13 Juli 2020.

Meski kondisi Kabupaten Buru masih berada pada masa pandemi Covid-19,  SMP Negeri 42 Buru telah menjadwalkan dan mengskenariokan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021.

Skenario pembelajaran itu sesuai kuputusan bersama dengan pemerintah daerah dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten. Buru yang diambil saat Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan memasuki Tahun Ajaran Baru 2020/2021 yang dilaksanakan melalui virtual menggunakan Aplikasi Zoom Meeting pada pekan kemarin.

“Meski daerah Kabupaten Buru tidak berada pada zona hijau atau zona dima-na tidak dipersilahkan untuk pembelajaran tatap muka di sekolah, namun proses pembelajaran di tahun ajaran 2020/2021 tetap berjalan,” jelasnya.

Baca Juga: Sangadji: Siswa SMA di Zona Hijau Sudah Bersekolah

Kata dia, Senin ini SMP Negeri 42 Buru telah masuk dalam tahun ajaran baru 2020/2021 yang diawali dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang akan dilaksanakan selama tiga hari sejak Tanggal 13 – 15 Juli 2020 sesuai dengan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Pengenalan dilakukan secara virtual dengan menggunakan Aplikasi Google Meet. “Kami pun telah berkeinginan Setelah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah selesai, kegiatan PJJ pun akan berlanjut secara daring menggunakan kelas maya (Classroom), sebuah platform PJJ yang disediakan oleh Google,” terang Irfan.

Langkah yang diambil oleh SMP Negeri 42 Buru untuk menggunakan classroom, tambah dia, dikarenakan para guru telah siap setelah beberapa minggu yang lalu diberikan pendampingan tentang PJJ menggunakan Akun Google Suite For Education.  Bahkan para guru dan seluruh siswa pun telah diberikan akun dengan domain sekolah (smpn42buru.sch.id) agar dapat dipantau dan dikordinir oleh admin sekolah.

Irfan berharap, proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 ini terus berjalan dengan baik dan lancar agar peserta didik  terus mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pembelajaran meski tidak secara tatap muka disekolah. (S-31)