AMBON, Siwalimanews – Jane Tresia Leimena dilantik men­jadi raja Negeri Ema, Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel).

Pengukuhan Jane Tresia Leimena oleh Walikota Ambon Richard Lou­henapessy berlangsung di Balai Kota Ambon dan disaksikan oleh para pejabat tinggi lingkup Pemkot Ambon, Jumat (26/3)

Walikota Ambon, Richard Louhe­napessy dalam sambutannya me­min­ta agar raja yang baru dapat membangun komunikasi dan konsolidasi dengan semua kompo­nen yang ada di masyarakat sehi­ngga proses pemerintahan bisa efektif agar Negeri Ema semakin maju dan berkembang

“Semua itu untuk kebaikan masyarakat dengan raja sehingga sama-sama membangun negeri. Saya yakin sebagai raja perempuan, mampu melakukannya secara baik,” harap walikota.

Sebagai pemimpin yang baru Jane Tresia bertanggung jawab untuk mensejahterakan rakyat dengan men­junjung tinggi nilai-nilai pancasila.

Baca Juga: Ngotot LIN, Ekspor Ikan Maluku Butuh Waktu 35 Hari

“Saya percaya, saudara bisa melaksanakan tugas dengan sejujur-jujurnya dan adil sesuai tanggung jawab dan kewajiban yang diberi­kan. Sehingga rakyat dapat sejahtera dimasa jabatan kamu,” paparnya.

Pemerintah Kota Ambon diakui­nya, tidak ingin mengin­tervensi aturan-aturan adat yang berlaku di Negeri adat sendiri. Sebab yang mengetahui aturan adat, hanya anak negeri adat.

“Saya tidak mau buat kesalahan. Negeri Ema hari ini telah menunjukan kinerja luar biasa lewat tugas Saniri yang menetapkan mata rumah parentah yaitu Leimena yang sejalan dengan bukti yang dimiliki. Saya harap raja baru ini, bisa jalankan tugas yang baik,” ungkapnya.

Kota Ambon tambah walikota, ada 50 Desa dan Kelurahan. 22 dian­taranya adalah Negeri adat. Untuk itu, diminta Jane Tresia Leimena se­laku raja dapat menjaga nilai kultu­ral. Sehingga tidak terjadi kesalah pahaman antara warga. (S-52)