PIRU, Siwalimanews – Bupati Moh. Yasin Payapo didampingi Kapolres AKBP Bayu Tarida Butar Butar panen raya bersama petani Desa Waihatu Kecamatan Kairatu Barat Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Rabu (9/7).

Panen raya dengan kelompok tani Waihatu ini demi mening­katkan ketahanan pangan dite­-ngah wabah pandemi Covid-19.

Bupati dalam arahan singkatnya mengatakan, atas nama pribadi dan pemerintah daerah sangat menyambut baik serta memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas diselenggarakannya panen raya padi oleh kelompok tani Waihatu.

“Selaku pemerintah daerah saya berharap kepada masyarakat dan khususnya para petani agar tetap melanjutkan pembangunan masing-masing,” harap Payapo.

Dengan panan raya ini, kata bupati, mudah-mudahan masyarakat terus tingkatkan lagi dan berjuang bersama Pemda SBB sehingga dapat membawa Kabupaten ini ke masa depan yang lebih cemerlang.

Bupati mengatakan, komoditi khusus beras merupakan kebutuhan penduduk yang paling mendasar. Oleh karena itu, perlu diupayakan disetujui cukup, memenuhi standar gizi, harga terjangkau dan juga harus dapat memberikan keuntungan yang wajar bagi petani sehingga petani tetap bergairah untuk menanam padi.

“Melalui Dinas Pertanian, apa yang telah menjadi target dan program pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian yaitu peningkatan produksi pertanian utama tanaman minimal 7 persen setiap tahunnya,” katanya.

Lanjutnya, salah satunya seperti yang terlihat panen raya padi yang berlangaung di Waihatu. Atas panen raya ini maka kebutuhan pangan rakyat dipastikan tercukupi.

“Saya pesan ada dua sektor yang tidak boleh berhenti dalam pengelolan sektor pertanian dalam menghadapi covid-19 salah satunya, sektor pertanian dan kesehatan,” pesannya. (S-48)