DOBO, Siwalimanews – Bupati Aru, Johan Gonga mengakui, tahun ini pemda tak mengalokasikan anggaran untuk perbaikan dampak abrasi pada ruas jalan di Pantai Wangel, Kecamatan PP Aru, yang kini telah putus total.

“Kita harapkan ada anggaran dari pemerintah provinsi atau pun dari pusat untuk biayai rehabilitasi dampak abrasi di lokasi tersebut guna dilakukan pembangunan jalan dan talud pengaman pantai yag rusak, sebab tahun ini pemda tak miliki anggarannya,” ungkap bupati kepada Siwalimanews, di ruang kerjannya, Rabu (10/2).

Menurutnya, selain tak ada anggaran rehabilitasi, tahun ini juga pemda masih terkena refocusing anggaran sebesar 8 persen untuk penanganan Covid-19.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Siwalimanews, jalan yang menghubungkan Dusun Marbali dan Desa Wangel di Kecamatan PP Aru telah putus total.

Menurut warga sekitar, jalan ini sudah rusak sejak bulan Desember 2020 lalu, namun masih bisa dilalui kendaraan, hanya saja diawal Januari 2021 ruas jalan pesisir tersebut telah putus total, akibat di hantam ombak besar yang disertai dengan angin kencang.

Baca Juga: Personel Polda Maluku Uji Kesamaptaan

Kondisi musim barat ini yang membuat pesisir pantai tersebut termakan abrasi yang luar biasa, bahkan sejumlah pohon kelapa tumbang karena abrasi. Selain itu, jika air pasang disertai gelombang dan angin kencang, terjadi banjir rob yang menggenangi rumah penduduk. (S-25)